Selasa, 30 Agustus 2011

Buku Kumpulan Motivasi Kunci Menuju Hidup Sukses Dan Bahagia













Oleh:
Mufarrihul Hazin
(Pencari Ridho Ilahi)



Tahun 2011
Bab I
MANAJEMEN WAKTU UNTUK PELAJAR/MAHASISWA
Siklus Manajemen Waktu
Salah satu sistem manajemen waktu yang bisa dipilih oleh mahasiswa adalah menggunakan sistem siklus pada setiap tahun ajaran atau setiap semester. Itulah sebabnya saya mengatakan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai manajeman waktu. Umumnya sistem ini dimulai dengan menetapkan tujuan (goal setting) untuk mengukuhkan konteks bagi manajemen waktu. Berikutnya adalah menelusuri penggunaan waktu dan membangun kesadaran tentang bagaimana anda akan menghabiskan waktu. Tahap ketiga adalah membuat rencana, dan ini termasuk membuat to do list, rencana mingguan, rencana bulanan, dan rencana semesteran. Tahap keempat adalah memantau (self monitoring) apa yang telah dikerjakan. Pada tahap ini anda menilai seberapa baik anda menjalankan rencana, seberapa akurat anda membuat rencana, seberapa tepat anda menduga kegiatan-kegiatan yang dilakukan, dan sebagainya. Tahap akhir dari siklus manajemen waktu ini adalah pergeseran dan penyesuaian waktu dimana anda melakukan koreksi terhadap sistem yang berjalan sebelum memulai siklus yang baru.

Kuis Manajemen Waktu
Sebelum memulai melakukan manajemen waktu, ada baiknya anda evaluasi terlebih dahulu apa yang telah anda lakukan selama ini dengan menjawab pertanyaan berikut: Pertama, lima kegiatan/aktivitas apa yang paling banyak menyita waktu anda (menonton tv, main PS, jalan-jalan ke mall, belajar, tidur, ngobrol, atau apa?). Kedua, jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
•    Apakah anda mengestimasi berapa jam anda membutuhkan waktu untuk belajar setiap minggu?
•    Apakah anda selalu tepat waktu dalam mengerjakan tugas?
•    Apakah anda mulai mengerjakan tugas akhir/penulisan ilmiah pada awal semester?
•    Apakah anda membuat daftar apa yang harus dikerjakan (to do list)?
•    Apakah anda menentukan target tertentu untuk setiap periode studi?
•    Apakah anda memulai belajar dengan mengerjakan tugas/pr yang paling sulit?
•    Apakah anda menyelesaikan belajar anda selama jam produktif setiap harinya?
Kalau jawaban anda pada kuis di atas lebih banyak “Tidak” dari pada “Ya”, maka sudah saatnya anda melakukan manajemen waktu yang baru.

Langkah untuk Meningkatkan Manajemen Waktu
Di awal tulisan telah disebutkan bahwa, mula-mula anda harus menetapkan tujuan. Apakah anda punya target yang ingin anda capai pada semester sekarang? Jika anda sudah yakin dengan tujuan dan target yang ingin anda raih pada semester ini, maka anda sudah bisa memulai membuat jadwal semester.  
1.    Membuat Jadwal Semester
a.    Catat tugas mata kuliah yang telah diketahui: paper, proyek penelitian, kuis, dan sejenisnya. Mencatat tugas pada setiap awal semester membuat anda mengetahui kapan anda membutuhkan waktu lebih banyak untuk kegiatan akademik dan kapan anda punya waktu lebih longgar untuk aktivitas lainnya
b.    Catat aktivitas ko-kurikuler termasuk hari kerja (jika bekerja), pertemuan atau rapat organisasi, aktivitas sosial, jadwal keluar kota (pulang kampung di akhir pekan atau liburan), dan sejenisnya. Mencatat aktivitas ko-kurikuler memungkinkan anda mendapat gambaran yang lebih akurat tentang seberapa penuh atau seberapa luang jadwal anda selama satu semester. Aktivitas non akademik ini penting untuk menciptakan keseimbangan pada jadwal anda
Penting untuk diingat bahwa setelah anda mempunyai jadwal kegiatan semesteran ini, anda perlu memperbaharui jadwal semester ini secara berkala. Perubahan tenggat waktu pengumpulan tugas, misalnya, atau tugas matakuliah yang baru dan aktivitas lain yang perlu direncanakan, menyebabkan jadwal harus dikoreksi dan diperbaharui. Mempunyai  jadwal semester yang akurat penting untuk tahap berikutnya dari proses ini, yaitu merencanakan beban kerja mingguan.
2.    Menilai dan Merencanakan Jadwal Mingguan
a.    Buat daftar apa yang harus dikerjakan dalam minggu depan, termasuk tugas kuliah, praktikum, kuis. Buatlah daftar ini inklusif, karena segala sesuatu membutuhkan waktu, apakah itu membaca satu bab, mengerjakan soal latihan, atau menulis outline untuk makalah penelitian
b.    Masukkan dalam daftar apa yang harus dikerjakan minggu itu: aktivitas ko-kurikuler, jam kerja, olah raga, makan, dan kumpul dengan teman. Aktivitas sehari-hari dan aktivitas ko-kurikuler penting dan menciptakan keseimbangan hidup, walaupun itu berarti mengambil waktu belajar. Mempersiapkan makan dan mandi, misalnya, atau menghadiri rapat organisasi bisa menghabiskan waktu sebanyak waktu untuk membaca satu bab buku ajar
c.    Estimasikan berapa lama setiap tugas dapat diselesaikan. Setiap aktivitas membutuhkan waktu yang berbeda, sehingga penting sekali untuk mengestimasikan berapa lama setiap tugas dapat diselesaikan dan menyediakan waktu untuk tugas tersebut. Bila anda tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas, lebih baik mengestimasikan waktu secara konservatif. Jika anda dapat menyelesaikan waktu 30 menit lebih cepat dari yang anda perhitungkan, anda dapat menggunakan waktu sisanya untuk mengerjakan apapun yang anda suka, tetapi jika anda tidak dapat menyelesaikan dalam waktu yang telah direncanakan maka anda harus mengambil waktu dari kegiatan lain untuk menyelesaikan tugas yang membutuhkan waktu lebih lama dari yang direncanakan.
d.    Identifikasi pada hari apa setiap tugas akan diselesaikan, selalu ingat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas itu dan hal-hal lain yang juga harus dikerjakan pada hari itu. Dengan melihat jadwal minggu itu dan menyadari apa saja yang harus dikerjakan setiap harinya, tenggat tidak akan terlewati. Anda dapat membuat penyesuaian pada minggu tersebut, misalnya, jika anda melihat ada tugas yang membutuhkan waktu 6 jam untuk menyelesaikannya padahal hanya ada waktu tiga jam sebelum tenggat.
Membuat jadwal minggu berikutnya setiap jumat petang atau jumat malam adalah suatu kebiasaan yang baik. Karena jika minggu berikutnya jadwal sangat padat, maka akan sangat membantu jika menyelesaikan sebagian tugas pada akhir pekan itu agar tekanan pada minggu yang akan datang berkurang.
3.    Jadwal Setiap Hari
a.    Tulis jadwal harian pada setiap pagi. Termasuk tugas-tugas yang belum selesai dari hari sebelumnya. Pembuatan jadwal harian ini hanya membutuhkan beberapa menit saja karena anda sudah mempunyai jadwal mingguan sebagai pedoman. Gunakan kartu indeks atau buku kecil atau notes untuk mencatat jadwal harian ini agar anda dapat membawanya kemana-mana dan memeriksanya setiap saat untuk  menandai tugas mana saja yang sudah diselesaikan.
b.    Berikan skala prioritas untuk setiap tugas harian yang telah ditulis. Beberapa aktivitas harus dikerjakan hari itu dan sebagian lagi mungkin merupakan opsional untuk diselesaikan hari itu. Anda dapat menggunakan sistem A,B, C untuk memberi prioritas pada setiap tugas. A diberikan pada tugas yang harus diselesaikan pada hari itu dan C adalah opsional, sedangkan B penting tetapi tidak sepenting A. Cobalah untuk menyelesaikan semua tugas A sebelum mulai mengerjakan tugas B, dan akhirnya yang C. Cara ini dapat mengurangi tingkat stress karena beban tugas yang cukup banyak.
4.    Evaluasi Setiap Jadwal
a.    Evaluasi jadwal setiap pagi. Tanyakan pada diri sendiri apakah jadwal hari itu cukup realistis. Tuliskan berapa jam setiap tugas akan diselesaikan. Jika dirasa tidak mungkin diselesaikan, buang beberapa tugas dengan prioritas B dan C dari jadwal
b.    Evaluasi jadwal setiap malam. Apakah semua tugas dalam daftar telah diselesaikan? Jika tidak, mengapa? Apakah karena jadwalnya tidak realistis atau manajemen waktunya yang tidak efektif? Apa penyesuaian yang bisa dilakukan agar di lain waktu anda dapat membuat jadwal yang lebih baik?

Mengupayakan agar Manajemen Waktu Berjalan dengan Baik
Menurut sistem kredit semester (SKS) mahasiswa belajar setidaknya dua jam di luar kelas untuk setiap jam belajar di kelas (ada universitas yang merekomendasikan lebih dari dua jam!). Jika seorang mahasiswa mengambil 18 SKS, yang berarti kuliah di kelas 18 jam per minggu, maka mahasiswa tersebut harus belajar sedikitnya 36 jam per minggu di luar kelas secara mandiri. Jadi mahasiswa tersebut harus merencanakan total jam belajar di kelas dan di luar kelas sebanyak 54 jam per minggu.
Pada awal tulisan, anda sudah mengidentifikasi lima kegiatan yang paling banyak menyita waktu anda. Nah, apakah anda siap untuk mengurangi atau mengganti aktivitas yang anda rasa dapat menggagalkan target belajar anda?

Berikut adalah beberapa strategi yang mungkin membantu membuat jadwal Anda menjadi efektif dan efesien.

1.    Identifikasi waktu terbaik pada setiap harinya.
Apakah Anda termasuk seorang “night person” atau “morning person”? Gunakan kekuatan waktu tersebut untuk belajar. Belajar pada waktu terbaik setiap harinya - apakah itu pagi (jika anda seorang “morning person”) atau malam hari (jika anda seorang “night person”) - memungkinkan anda menyelesaikan tugas dalam waktu yang lebih singkat.
2.    Belajar subyek yang sulit atau membosankan lebih dulu.
Dalam keadaan segar, informasi dapat diproses lebih cepat dan anda jadi lebih menghemat waktu. Alasan lainnya adalah lebih mudah mendapatkan motivasi untuk mempelajari sesuatu yang menyenangkan pada saat lelah daripada mempelajari subyek yang membosankan.
3.    Pastikan bahwa lingkungan sekitar kondusif untuk belajar.
Perpustakaan adalah tempat yang baik untuk belajar karena satu-satunya yang bisa dilakukan di perpustakaan adalah belajar. Tetapi jika perpustakaan tidak memungkinkan untuk belajar (karena jam operasi yang terbatas, misalnya), carilah tempat (dan waktu) yang memang benar-benar jauh dari gangguan.
4.    Jangan tinggalkan rekreasi dan hiburan.
Kuliah di perguruan tinggi tidak berarti anda harus belajar sepanjang waktu. Anda harus tetap mempunyai kehidupan sosial demi keseimbangan hidup anda. Jadi, tidak ada salahnya anda menjadwalkan berkunjung dan mengobrol dengan teman atau mengerjakan hobi anda yang lain.
5.    Usahakan anda punya waktu tidur dan makan yang cukup dan berkualitas.
Tidur seringkali dianggap sebagai “bank” dalam manajemen waktu. Maksudnya, setiap kali anda mendapat tugas yang membutuhkan waktu cukup banyak, anda akan “mengambil” waktu tidur anda untuk mengerjakan tugas. Hal ini jelas tidak efektif karena anda pasti akan memerlukan waktu yang lebih banyak lagi untuk mengerjakan tugas karena tubuh anda kelelahan sehingga kurang konsentrasi. Jadi kebutuhan tidur anda haruslah tetap diperhatikan.
6.    Manfaatkan waktu menunggu atau kombinasikan dua kegiatan.
Jika anda menggunakan transpotasi umum untuk pergi dan pulang dari kampus anda seringkali harus menunggu beberapa menit bahkan beberapa jam di halte atau peron. Mengapa tidak manfaatkan waktu menunggu tersebut untuk membaca? Bawalah catatan atau ringkasan kuliah kemana pun anda pergi dan baca setiap ada kesempatan meskipun hanya satu paragraf.
Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, mobil misalnya, jangan membaca sambil mengemudi karena sangat berbahaya. Tapi tidak berarti tidak bisa belajar selama perjalanan. Dengarkan saja rekaman belajar anda sendiri dari kaset. 
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!
Rumuskanlah Visi Anda
Oleh Kak farih

Bagaimana cara merumuskan visi Anda?

Pertama pahami diri Anda
•    Kenapa kita diciptakan didunia ini?
•    Apa perintah yang diberikan oleh Pencipta kepada kita
Yang akan dibicarakan disini ialah mengenai visi jangka pendek yaitu visi kita di dunia. Untuk visi kita di akhirat saya yakin tidak perlu lagi dibicarakan, Saya dan Anda akan sama, yaitu bisa berjumpa dengan sang Kekasih, Allah SWT.

Visi kita didunia jelas tidak boleh menghalangi untuk meraih visi kita di akhirat. Malah visi kita didunia harus menjadi jembatan untuk mencapai visi kita diakhirat. Hanya satu jawaban untuk mencapai visi akhirat, yaitu menjalankan semua perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.

Inilah sebanarnya visi kita yang seharusnya, menjadi ahli ibadah, menjadi kekasih Allah, dan menjadi pembela agama Allah.

Seperti dibahas pada edisi lalu bahwa kita semua memiliki potensi yang diberikan Allah kepada kita, tetapi potensi yang diberikan kepada kita berbeda-beda satu sama lain. Selain itu bidang garapan yang bisa kita lakukan agar menjadi kekasih Allah sungguh bermacam-macam. Kita tidak mungkin bisa menguasai segala aspek khidupan untuk meninggikan agama Allah, oleh karena itu fokuskanlah pada sauatu bidang yang sesuai dengan potensi yang Anda miliki.

Tetapi jangan lupa, pembagian ini bukan berarti Anda melepas yang utama. Jangan sampai karena merasa Anda sudah berjuang di satu bidang tetapi melupakan hal-hal pokok seperti ibadah-ibadah utama. Dengan alasan berjihad ekonomi jangan sampai lupa meninggalkan shalat berjamaah, bahkan shalat sendiripun tidak.

Kembali kepada perumusan Visi, coba Anda renungkan, kembali kemasa lalu, bagaimana posisi dan kondisi Anda saat ini, gunakan imajinasi Anda…… seolah-olah Anda mempunyai mesin waktu yang bisa melihat diri Anda dimasa depan.

Apa yang Anda lihat tentang diri Anda di masa depan?
Sudahkah itu kondisi yang paling baik?
Jika menurut Anda belum yang terbaik, coba tingkatkan imajinasi Anda, lihat benar-benar diri Anda dimasa depan, bayangkan diri Anda yang sangat ideal sebagai seorang muslim. Bayangkan…. Bayangkan Anda menjadi seorang muslim terbaik yang ideal.

Jika hal ini kurang membantu, coba Anda baca buku-buku biografi tokoh yang sudah terkenal sukses. Tentu saja yang terutama ialah Biografi Nabi Muhammad SAW, para sahabat, dan tabi'in sebagai dasar yang harus Anda lihat. Untuk lebih sesuai dengan kondisi saat ini, baca pula para tokoh muslim modern, yang sudah jelas-jelas sukses, menjadi seorang muslim yang unggul.

Dari setiap tokoh yang Anda baca biografinya pilih satu atau beberapa keunggulan yang dimiliki tokoh tersebut yang ingin Anda miliki juga, cari ditokoh yang lain, kemudian kumpulkan keunggulan-kunggulan tersebut. Bisakah Anda memiliki keunggulan tersebut? Tentu saja harus melihat kondisi dan posisi Anda saat ini. Jangan terlalu rendah jangan juga terlalu tinggi. Jangan rendah tetapi tinggi boleh. Jika Anda sudah membayangkan diri Anda dimasa depan dengan memiliki keunggulan-keunggulan seperti Anda kumpulkan tadi, gambaran itulah visi Anda. Tulis sekarang juga jangan sampai hilang. Simpan ditempat yang aman dan rapi yang mudah Anda cari setiap saat.

Visi itulah yang akan menuntun perjalanan hidup Anda.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Anda Bisa Sukses
Oleh Kak farih

Ada dua yang menyebabkan Anda sukses, pertama adalah Anda melakukan cara tertentu untuk meraih sukses, kedua Allah mengijinkan Anda untuk sukses.

Keputusan menetapkan (sesuatu) hanyalah hak Allah; kepada-Nya-lah aku bertawakal dan hendaklah kepada-Nya saja orang-orang yang bertawakal berserah diri [12.67]

Meskipun ada faktor nasib disini, tetapi tidak berarti kita tidak harus berusaha, hanya menunggu nasib dari Allah. Allah sendiri yang memerintahkan kita untuk berusaha. Seperti didalam firman-Nya:

Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha. [25.47]

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki suatu keburukan terhadap suatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.(ar-Ra'd: 11)

Kita disuruh berusaha, tetapi usaha tertentu yang bisa membuat Anda sukses, karena yang menjadikan orang sukses ialah karena mereka melakukan usaha tertentu yang benar yang akan membuat Anda sukses. Bagaimanapun kerasnya Anda berusaha jika usaha yang Anda lakukan salah maka Anda tidak akan berhasil.

Sukses tidak disebabkan oleh lingkungan. Bagaimanapun lingkungan Anda, bisa membuat Anda sukses. Ada orang yang sukses dari lingkungan kota, ada juga dari desa. Jika Anda seorang karyawan, ada juga karyawan yang sukses, jika Anda seorang pengusaha ada pengusaha yang sukses, bahkan jika Anda seorang pemulung, ada juga yang sukses. Anda seorang presiden tidak menjamin Anda akan sukses. Sudah ada contoh bahwa seorang presiden mengakhiri hiupnya dengan tragis. Kesimpulannya lingkungan atau profesi tidak menentukan Anda sukses atau tidaknya.

Begitu juga dengan kepAndaian maupun gelar tidak menjamin akan sukses. Banyak yang bergelar doktor maupun profesor tidak mendapatkan kesuksesan, tetapi disisi lain lulusan SD ada yang sukses.

Sukses juga tidak ditentukan oleh modal, sudah banyak contoh orang sukses tanpa modal (sukses dalam bisnis). Jadi tidak ada alasan Anda tidak mau mengejar sukses karena terhambat modal. Mendapatkan modal adalah bagian dari langkah menuju sukses, bukan penentu. Karena banyak juga yang sudah punya modal tidak sukses.

Pada intinya Anda bisa sukses tidak peduli dimana Anda berada, tidak peduli apa pendidikan Anda bahkan tidak peduli Anda punya uang atau tidak sekarang. Yang penting Anda mau melakukan cara yang benar untuk meraih sukses.

Timbul pertanyaan, seperti apa cara atau strategi jitu untuk meraih sukses. Anthony Robin dalam bukunya Langkah Sukses menuliskan langkah jitu untuk meraih sukses yaitu :
1.    Tentukan tujuan yang Anda inginkan. (berhati-hatilah! Kejelasan merupakan modal paling penting.)
2.    Ambillah tindakan (karena kemauan saja tidak cukup)
3.    Periksalah apa yang berhasil dan tidak. (Anda tidak perlu menyia-nyiakan energi untuk pendekatan tidak bermanfaat)
4.    Ubah pendekatan Anda sampai menggapai tujuan (Fleksibilitas memberi Anda kemampuan untuk membuat pendekatan baru dan hasil baru)
Yah, Anda bisa sukses jika menjalankan 4 langkah di atas, Insya Allah. Tetapi ada yang perlu diperhatikan yaitu 4 langkah tersebut diatas adalah langkah-langkah sukses yang umum. Anda memerlukan cara-cara yang lebih spesifik atau penjabaran dari langkah-langkah tersebut yang lebih fokus terhadap sukses yang sedang Anda kejar. Contohnya ialah jika Anda ingin sukses dalam bisnis, tentu saja Anda harus tahu langkah-langkah menjalankan bisnis, jika Anda ingin sukses dalam bidang olah raga maka Anda harus tahu tentang olah raga yang Anda tekuni.

Tetapi jangan takut, jika melakukan 4 langkah diatas, keterampilan yang diperlukan bisa mengikuti. Keterampilan bisa dipelajari. Maka kunci sukses selanjutnya sebagai pelengkap dari empat langkah tersebut adalah kemauan untuk belajar. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Banyak kisah dimana pada usia lanjut masih bisa mendapatkan pengetahuan serta keterampilan baru.

Satu lagi hal penting dalam meraih sukses ialah adanya energi pendorong yang kuat dalam melakukan keempat langkah tersebut. Motivasi. Yah motivasi, tanpa itu tidak akan bisa bergerak. Motivasi ibarat darah dalam tubuh, motivasi ibarat bensin dalam mobil yang menjadikannya bergerak. Semakin besar atau semakin kuat motivasi Anda akan semakin besar kemungkinan Anda untuk berhasil.

Seorang mujahid tidak gentar dengan berbagai senjata lawan yang dia hadapi. Bahkan tidak jarang kekuatan lawan yang jauh tidak seimbang. Tetapi pada kenyataan seorang mujahid pantang mundur terus bergerak. Kenapa? Tentu karena mempunyai motivasi yang sangat kuat untuk meraih ridha illahi sehingga mampu mendorong dia untuk menembus segala rintangan dan halangan bahkan dengan nyawa taruhannya.

Jika Anda ingin sukses Anda harus mempunyai motivasi yang besar untuk meraih sukses tersebut. Dan motivasi terbesar, tidak terbatas serta mulia ialah motivasi menggapai ridha illahi. Berperang di medan tempur, mengentaskan kemiskinan, mencerdaskan umat, memberantas kelaparan, memberantas oknum-oknum yang kotor, dan sebagainya akan terasa berat tanpa motivasi menggapai ridha illahi.

Melakukan empat langkah di atas ditambah motivasi yang kuat akan membawa Anda kepada kesuksesan, kecuali Allah menghendaki lain. Teruslah berusaha karena Allah memang menyuruh kita berusaha, tentang hasil kita serahkan saja kepada Allah. Jika motivasi kita mulia, berhasil tidak berhasil kita akan mendapatkan balasan dari Allah jika kita telah berusaha seoptimal kita.

Wallahu a'lam bishawab.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Anda Yang Menentukan
Oleh Kak farih

Diantara lulusan perguruan tinggi, ada yang berhasil ada juga yang gagal. Diantara lulusan SMU, ada yang berhasil, ada juga yang gagal. Diantara lulusan SMP, ada yang berhasil, ada juga yang gagal. Dan diantara lulusan SD, ada yang berhasil, ada juga yang gagal. Bahkan diantara yang tidak sekolah, ada yang berhasil, ada juga yang gagal.

Sekolah, memang sangat membantu dalam karir, tetapi bukan yang utama. Fakta menunjukkan fenomena seperti yang baru saja saya tulis. Saya tidak bermaksud mengatakan bahwa sekolah itu tidak penting, tetapi sekolah bukan segala-segalanya, apapun pendidikan Anda, Anda bisa sukses!

Sebagian orang ada yang menyalahkan bahwa kegagalannya karena kondisi ekonomi Indonesia yang sedang terpuruk. Birokrasi yang sulit dan "mahal" juga menjadi penghambat keberhasilan. Belum nepotisme dan korupsi yang hanya menguntungkan sebagian pihak. Namun, meskipun kondisi seperti ini, tetap saja ada, bahkan banyak, orang yang berhasil. Jadi bukan kondisi yang menentukan keberhasilan Anda!

Anda pernah mendengar suatu perusahaan bangkrut? Jika Anda memperhatikan, ternyata perusahaan yang bangkrut bukan hanya karena modal yang kecil pada saat memulainya. Banyak perusahaan yang dimulai dengan modal besar bangkrut, sebaliknya bisnis dengan modal kecil banyak yang berhasil. Jadi bukan uang yang menentukan keberhasilan Anda!

Lalu siapa yang menentukan keberhasilan Anda? Yah, Anda sendiri, atas ijin Allah SWT. Allah SWT berfirman,

"Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia."
(QS Ar Ra'd: 11)
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Satu Keputusan Menuntun Yang Lainnya
Oleh Kak farih

Saat Anda mengendarai mobil di suatu jalan tol, Anda akan melihat lingkungan jalan tol dengan berbagai atributnya. Kemudian Anda memutuskan untuk keluar dari jalan tol, Anda masuk jalan biasa, tentu saja dengan lingkungan yang berbeda. Itulah dapak dari sebuah keputusan, berpotensi mengubah banyak aspek kehidupan Anda.

Sekali Anda mengambil keputusan, Anda akan melihat satu set lingkungan yang unik, yang berbeda dengan lingkungan Anda sebelumnya. Kekuatan dari keputusan ini bisa berdampak positif dan sebaliknya bisa berdampak negatif. Oleh karena itu kita perlu hati-hati dalam mengambil keputusan, termasuk keputusan untuk tetap seperti saat ini.

Keputusan negatif akan membawa berbagai hal yang negatif kepada kehidupan Anda. Namun kebalikannya juga berlaku, satu keputusan positif dapat membuka berbagai macam peluang bertumbuh dan menikmati hidup Anda. Artinya, Anda memiliki dua pilihan hari ini, apakah Anda akan membuat keputusan menuju suatu perubahan? Dan yang kedua, apakah dampak dari keputusan itu positif atau negatif?

Kapan Anda akan membuat suatu keputusan untuk melakukan sesuatu berkenaan dengan apa yang Anda inginkan? itu tidak perlu sesuatu yang besar. Mungkin cuma memulai membaca buku, mengikuti seminar, atau menemui orang yang ada hubungannya dengan apa yang Anda inginkan. Setelah langkah pertama ini Anda lakukan, selanjutnya akan mengikuti, terus-menerus, semakin mendekati tujuan Anda.

Semuanya diawali dengan suatu keputusan penting. Mulai sekarang, saat Anda masih membaca artikel ini, pikirkan pilihan yang akan Anda buat yang akan memualai suatu proses. Potensial pilihan Anda tersebut begitu mengagumkan, keputusan Anda dapat saja merubah hidup Anda secara dramatis dalam waktu singkat. Mungkin saja, siapa tahu?

Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Bangkitlah Indonesiaku
Oleh Kak farih

Kita Masih Terpuruk
Satu windu sudah umur reformasi. Namun apa yang kita harapkan dari reformasi tersebut sepertinya masih jauh dari kenyataan. Mulai dari politik yang bersih, adil, dan mengutamakan kesejahteraan masyarakat, belum kita dapatkan. Kebanyakan (tidak semua) politisi masih mementingkan kepentingan pirbadi atau kelompoknya saja. KKN masih merajalela, entah karena pemerintah yang tidak serius atau karena KKN sudah begitu mengakar di Indonesia.

Kesejahteraan? Ini yang masih membuat kita sedih. Imbas dari krisis moneter yang sudah lebih dari 8 tahun masih terasa di Indonesia. Harga-harga melambung tidak terbendung. Banyak investor yang hengkang dari Indoensia. Pengangguran masih terus saja bertambah. Sementara, jika mau berbisnis masih juga terbendung oleh "oknum" yang KKN.

Bagaimana dengan pendidikan? Sangat mengerikan. Komersialisasi terjadi dimana-mana. Pendidikan semakin mahal, semakin tidak terjangkau oleh masyarakat yang sudah terhimpit oleh harga-harga kebutuhan pokok yang selangit. Belum lagi, kita perhatikan satu persatu bangunan sekolah roboh.

Apalagi? Saya yakin masih ada yang harus kita perbaiki. Kita masih ada di dasar jurang keterpurukan. Entah kapan kita akan bisa keluar dari jurang ini. Apakah menunggu uluran tangan orang lain? Atau kita sendiri yang bangkit, berjuang keluar dari keterpurukan ini?

Mulailah dari Diri Sendiri
Untuk bangkit dari keterpurukan ini dimulai dari diri kita sendiri. Mulailah menjadikan diri agar tidak menjadi beban orang lain atau beban pemerintah. Caranya dengan hidup mandiri tidak tergantung sama orang lain. Bayangkan jika strategi ini berhasil, semua orang mandiri, ini akan menjadi sumbangan yang sangat besar.

Berikan Kontribusi Anda
Setelah diri Anda tidak lagi menjadi beban orang lain atau pemerintah, kini saatnya diri Anda untuk memberikan kontribusi demi perbaikan bersama. Tidak semua orang seperti Anda, yang mampu bangkit tanpa bantuan orang lain. Di luar sana masih banyak yang perlu bantuan Anda, uluran tangan Anda agar mereka keluar dari keterpurukan.

Banyak sekali kontribusi yang bisa Anda berikan kepada sesama. Apa saja yang Anda miliki, bisa kontribusikan, mulai dari ilmu, pengalaman, harta, tenaga, pikiran, dan sebagainya. Masih banyak yang bingung, harus apa yang dilakukan oleh mereka. Disinilah saat Anda tampil menunjukan dan membantu mereka.

Perbesar Kontribusi Anda
Semakin besar kontribusi Anda, akan semakin cepat kita keluar dari keterpurukan. Akan semakin cepat kita bangkit. Cara memperbesar kontribusi ialah dengan menambah kapasitas diri Anda. Semakin besar kapasitas diri Anda, akan semakin besar kontribusi yang bisa Anda berikan.

Kapasitas Anda bisa berupa kapasitas ilmu, pengalaman, harta, dan pikiran. Jangan berhenti untuk memperbaiki diri, karena hasilnya bukan saja untuk Anda sendiri, tetapi juga untuk orang lain. Belajar, praktek, dan belajar, itulah rumusan yang perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Epilog
Kadang muncul suatu pemikiran: "bagaimana bisa membantu orang lain jika diri kita sendiri masih perlu bantuan orang lain?"

OK, jika pemikiran itu muncul, pemikiran untuk berkontribusi kepada orang lain tetap perlu dipertahankan. Kenapa? Jika kita berpikir untuk diri sendiri maka hasil hanya untuk kita saja. Tetapi jika kita berpikir untuk orang lain maka hasilnya untuk kita sendiri dan orang lain yang ujung-ujungnya untuk diri kita sendiri yaitu berupa pahala karena membantu orang lain, insya Allah.

Dan belanjakanlah di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (QS Al Baqarah:195)

Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!






Bayaran untuk Sukses
Oleh Kak farih

Segala sesuatu yang kita kejar selalu menuntut bayaran. Hal yang paling umum yang diperlukan saat mengejar cita-cita ialah mengganggu zona nyaman. Zona nyaman Anda akan terusik atau bahkan harus Anda tinggalkan terlebih dahulu.

Saat Anda ingin sukses di karir Anda, Anda harus meninggalkan zona nyaman Anda untuk bekerja dengan santai. Anda harus mau berkorban memberikan lebih dari yang diminta oleh bos atau atasan Anda. Anda harus meninggalkan ngobrol yang banyak disela kerja Anda untuk memanfaatkan waktu seoptimal mungkin. Mungkin Anda perlu pulang kerja sedikit terlambat dari jadwal yang telah ditentukan.

Saat Anda ingin sukses dalam olahraga. Anda harus bersedia meninggalkan kenyamanan Anda diganti dengan latihan berat yang harus Anda lakukan setiap hari. Lihatlah atlet-atlet yang akan berjuang di piala Thomas dan Uber, mereka berlatih setiap hari dan memakan waktu berjam-jam setiap harinya dengan waktu libur yang sempit.

Jika kita menginginkan sesuatu tanpa suatu kerja keras, tanpa suatu pengorbanan, tanpa melalui kesulitan, tanpa melalui pengambilan resiko, dan sebagainya, itu seperti mimpi disiang bolong yang tidak ada artinya. Pengejaran selalu diiringai keringat yang membasahi tubuh Anda.

Hal inilah yang sering menyebabkan orang enggan meraih prestasi tinggi. Bukan prestasi tinggi yang dia enggani, tetapi mereka enggan untuk meninggalkan zona nyaman mereka. Banyak yang sering berdalih kalau mereka sudah puas dengan kehidupan mereka. Yah, mungkin saja banyak yang sudah puas dengan kehidupan diri sendiri, namun mereka melupakan bahwa yang perlu diperjuangkan bukan hanya kehidupan diri mereka sendiri saja.

"Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?
Itulah orang yang menghardik anak yatim,
dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin."
(QS Al Maa'uun: 1-3)
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Be Do Have
Oleh Kak farih

Kita mungkin pernah mendengar atau kita sendiri mengatakan bahwa jika kita sudah berhasil, jika kita sudah kaya, jika kita sudah banyak uang, kita akan banyak membantu sesama. Kita akan fokus di dakwah, kita akan banyak menyumbang anak yatim piatu, memberi makan fakir miskin, dan berbagai perbuatan mulia lainnya.

Be Do Have adalah suatu konsep yang saya baca dalam buku One Minute Millionaire (Mark Victor Hansen and Robert G. Allen) untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, khususnya dalam buku tersebut untuk menjadi seorang milyarder yang tercerahkan, Enlightened Millionaire. Uniknya konsep ini bukan diawali oleh kerja (do) menuju milyarder, tetapi diawali oleh menjadi (be).

Konsep ini mengajarkan kita untuk menjadi milyarder terlebih dahulu. Setelah kita menjadi, kita mengerjakan tindakan apa saja yang diperlukan. Hal ini akan menjadikan tindakan kita lebih efektif. Tindakan akan sesuai dan serasi dengan apa yang ada dalam pikiran kita. Jika kita sudah berpikir bahwa kita sudah menjadi apa yang kita inginkan maka tindakan akan mengikutinya. Setelah kita menjadi (be) apa yang kita inginkan, kemudian mengerjakan (do) pekerjaan yang harus dilakukan, maka kita akan memiliki (have) hasil yang kita lalui.

Ini memang konsep yang kita ambil dari penulis barat, namun jika masih sesuai dengan ajaran Islam tidak ada salahnya kita ambil. Ada hikmah lain dari konsep ini, agar bagi kita yang berniat baik setelah kaya, segera membuktikan mulai saat ini juga. Bisa-bisa kita lupa dengan niat kita yang mulia pada saat kita sudah berhasil. Mudah-mudahan dengan penerapan konsep Be Do Have, kita tidak lupa dengan niat mulia kita sebab kita sudah melakukannya sejak dini.

Bagaimana bisa menjalankan niat itu saat ini, kan belum kaya? Untuk beramal mulia tidak perlu menunggu kaya, tidak perlu menunggu menjadi pejabat, atau tidak perlu sukses terlebih dahulu. Selalu ada yang bisa diberikan dari diri Anda. Memberi pada saat sempit tidak akan merugikan Anda, justru menjalankan niat baik mulai sekarang, sejauh yang kita bisa, malah akan membawa kita kepada cita-cita kita. Insya Allah.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Bekal Meninggalkan Zona Nyaman
Oleh Kak farih

Namanya juga meninggalkan Zona Nyaman, tentu akan berada di zona yang tidak nyaman. Dalam zona yang tidak nyaman kita harus memiliki bekal agar kita kuat dan bisa bertahan di zona tidak nyaman tersebut. Bagi orang yang tidak memiliki bekal yang cukup bisa kembali ke zona nyaman semula sebelum mencapai zona nyaman yang lebih tinggi.

Hal pertama yang diperlukan untuk meninggalkan zona nyaman ialah niat yang lurus. Untuk apa Anda meninggalkan zona nyaman? Tentu saja harus demi kebaikan, baik bagi sendiri, keluarga, bangsa, dan tentu saja untuk kemuliaan Islam (Izzatul Islam).

Hal yang kedua ialah persiapan dan rencana yang matang. Untuk hal ini telah saya bahas pada artikel "Langkah Awal yang Salah". Kemudian hal ketiga ialah harus memiliki sikap yang unggul. Anda akan meninggalkan zona nyaman Anda menuju zona nyaman yang lebih tinggi yang melalui zona tidak nyaman, tentu saja Anda harus memiliki sikap-sikap yang mencerminkan bahwa Anda memang lebih unggul dari orang rata-rata yang betah pada zona nyaman.

Adapun sikap-sikap yang perlu Anda bina ialah:
1.    High Achiever. Tidak cepat puas dan selalu ingin mencapai hasil yang terbaik.
2.    Risk Taker. Selalu saja ada resiko untuk hal yang lebih baik.
3.    Peka terhadap Peluang. Waspada pada setiap peluang yang muncul sehingga tidak lepas begitu saja.
4.    Kreatif. Selalu memiliki ide untuk memecahkan masalah atau menciptakan peluang yang baru.
5.    Sabar. Kadang hasil tidak selalu dicapai dengan cepat. Maka kesabaran mutlak diperlukan.
6.    Percaya Diri. Nasib Anda ditentukan oleh Anda sendiri dengan izin Allah SWT, jika Anda tidak percaya diri, bagaimana jadinya?
7.    Antusias. Antusias ditambah "action" sama dengan sukses.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Berani Mimpi
Oleh Kak farih

Dulu waktu masih kecil saya suka sekali mendengarkan atau menonton wayang golek. Ada beberapa pelajaran yang ternyata bisa saya ambil dari berbagai cerita yang ditampilkan. Salah satunya ialah saat ada seorang ksatria sedang mencari sebuah jawaban dari pertanyaanya, yaitu apa yang paling banyak yang berada dunia?

Dia berkeliling ke berbagai perguruan, bertemu dengan banyak guru yang tinggi ilmunya, namun begitu sulit menemukan guru yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Akhirnya sampailah dia ke seorang guru yang bisa menjawab pertanyaannya. Guru tersebut menjawab bahwa hal yang paling banyak di dunia ialah "keinginan". Kenapa? Tidak ada orang yang tidak memiliki keinginan. Satu keinginan terpenuhi akan muncul keinginan yang lainnya.

Tidak sedikit orang yang memiliki banyak keinginan, tidak hanya satu. Keinginan hanya lenyap setelah kita meninggal. Keinginan akan muncul terus, akan selalu menyertai manusia. Keinginan adalah salah satu fitrah manusia. Allah memang menciptakan keinginan itu pada diri manusia.

Pernahkah Anda melihat ada orang yang tidak memiliki keinginan? Saya sendiri belum pernah, tetapi orang yang mengaku tidak memiliki keinginan atau sudah cukup puas dengan keadaan saat ini memang ada. Itulah orang-orang yang sering mengatakan bahwa kalau dia tidak muluk-muluk, sudah cukup dengan yang ada.

Entah benar atau tidak pengakuan mereka, namun sebagian dari mereka sebenarnya memiliki keinginan, mereka memiliki mimpi. Sayangnya mereka takut dengan mimpi. Pikir mereka bahwa mimpi bisa membawa kekecewaan saat mimpi itu tidak tercapai. Padahal bukan kegagalan yang membuat kecewa seseorang, tetapi sikap salah kita terhadap kegagalan yang membuat kita kecewa.

Ubahlah sudut pandang Anda terhadap kegagalan, maka Anda tidak akan kecewa terhadap kegagalan yang Anda alami, setidaknya kekecewaan Anda akan sedikit atau sementara saja. Kegagalan sendiri itu indah, silahkan baca artikel "Indahnya Kegagalan". Anda akan lebih berani menghadapi kegagalan, dan Anda akan lebih berani untuk bermimpi. Dan hidup Anda akan lebih bergairah juga kontribusi Anda kepada sesama akan lebih besar. Bermimpilah.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Bermimpilah
Oleh Kak farih
Kenapa tidak bermimpi?
Tahukan Anda bahwa bermimpi itu memerlukan keberanian?
Banyak orang yang tidak mau bermimpi karena takut gagal, takut jatuh. Sering saya melontarkan mimpi-mimpi saya kepada teman-teman saya, berbagai macam tanggapan muncul.

"Ah saya mah tidak mau muluk-muluk, sudah bisa memberi makan anak istri sudah cukup" Ada juga yang hanya senyum mengejek. Ada juga yang langsung berkata tidak mungkin, sulit dan sebagainya.

Kenapa orang begitu sulit bermimpi?
1.    Takut, jawabannya kebanyakan bersumber dari takut, takut gagal. Karena jika dia mengalami kegagalan dia akan merasa kecewa dan dia akan merasa malu terhadap orang lain.
Ada dua hal yang menyebabkan hal ini terjadi. Pertama karena dia tidak memahami makna kegagalan. Dia berfikir jika sudah gagal tamatlah hidupnya, padahal kita harus sadar mungkin saja impian atau cita-cita kita tidak baik bagi kita sehingga Allah menetapkan kita supaya gagal. Bisa juga kita gagal karena Allah ingin mencoba kita atau bisa juga kita gagal karena Allah ingin memberi pelajaran bagi kita. Tahukah Anda kalau Rasulullah tidak langsung berhasil dalam menyebarkan Agama Islam? padahal dengan kuasa Allah bisa saja Rasulullah langsung sukses menyebarkan Agama Islam. Kedua, karena dia suka mengejek kegagalan orang lain, sehingga saat dia gagal dia takut diejek atau dihina oleh orang lain
2.    Malas, karena dia tahu bahwa jika seseorang bermimpi, akan menuntut dia untuk bekerja keras mencapainya.
3.    Egois, karena dia merasa sudah puas, sudah cukup maka dia berhenti bermimpi atau bercita-cita. Dia hanya melihat dirinya, padahal masih banyak orang yang perlu ditolong. kenapa tidak bermimpi untuk menjadi "sang penolong orang banyak"?
Pencuri Mimpi
Hati-hati terhadap orang ini, mungkin dia termasuk kepada salah seorang dari tiga kriteria diatas, takut, malas, atau egois. Tetapi orang ini lebih parah, selain dia sendiri tidak mau bermimpi dia akan menghalangi orang lain untuk bermimpi. Dia akan menurunkan semangat Anda saat Anda mengemukakan mimpi Anda kepada orang jenis ini dia akan berupaya supaya Anda berhenti bermimpi, dengan berbagai perkataan yang mengatakan bahwa kita tidak mungkin mencapai tujuan/mimpi tersebut.

Jangan pernah berbica tentang mimpi Anda kepada orang tipe ini, tidak apa-apa jika memang Anda sulit mencapai mimpi Anda, teruskan mimpi Anda. Lebih baik "gagal" 50% dari mimpi Anda mempunyai penghasilan 10 juta perbulan, dari pada tidak sama sekali.

Penutup, saya kutipkan tulisan Andrias Harefa dari bukunya "Berwirausaha dari nol" yang mengatakan bahwa: Jika ada modal usaha yang lebih penting dari uang, berapa pun besarnya, modal itu adalah ide-ide cemerlang dan impian yang menggairahkan pemiliknya.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Disiplin
Oleh Kak farih

Napoleon Hill dalam bukunya "Think & Grow Rich" mengatakan bahwa salah satu penyebab kegagalan adalah kurang disiplin. Dari pengamatan saya disiplin di Indonesia malah menyedihkan. Rapat yang sering telat, masih banyak yang tidak mau antri, pengguna jalan seenaknya, dan masih banyak contoh-contoh ketidak disiplinan yang terjadi dihadapan kita. Mungkin hal ini merupakan salah satu penyebab Indonesia masih belum bisa keluar dari krisis dengan baik.

Jika kita bandingkan dengan Jepang atau tetangga kita Singapura jelas kita kalah jauh kalau masalah disiplin, sehingga konsekuensinya kita juga ketinggalan jauh juga di bidang ekonomi dan teknologi.

Mungkin kita tidak bisa mengubah sikap masyarakat Indonesia agar disiplin. Kata AA Gym, yang penting dimulai dari kita sendiri dulu. Setelah itu insya Allah kedisiplinan akan menyebar dengan sendiri.

Disiplin datang dari pengendalian diri. Semua tergantung Anda, jangan salahkan orang lain, jangan pedulikan orang lain, yang penting kita memulai dan membiasakan untuk disiplin. Mungkin Anda akan makan hati, saat Anda disiplin tetapi orang lain tidak. Sebagai contoh jika Anda sudah lama antri disebuah ATM, tiba-tiba diserobot orang setelah Anda dekat. Tidak enak memang, tetapi jika Anda bersabar, Insya Allah hal itu bisa menjadi ladang amal.

Disiplin bukan hanya harus dilakukan pada aktivitas yang berhubungan dengan orang lain. Disiplin juga harus diterapkan pada diri sendiri. Displin harus diterapkan pada usaha Anda meraih sukses. Tanpa disipilin sukses tidak bisa tercapai.

"Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh" (Ash Shaff : 4)

Dari ayat tersebut bisa dilihat bahwa disiplin adalah ajaran Islam, sehingga jika kita berlaku disiplin, berarti kita melakukan ibadah juga, Insya Allah, jika diiringi niat untuk beribadah.

"Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya." (An Nisa : 59)

Tentu saja kita kita disiplin terhadap peraturan baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis selama peraturan tersebut tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Mudah-mudahan kita bisa menjadi orang yang disiplin. Dengan disiplin bukan saja kita tidak mendapatkan sangsi, tetapi dengan disiplin kita akan meraih sukses, terhindar (insya Allah) dari kecelakaan, dan disiplin juga adalah ibadah.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

EFIKASI (EFEKTIF DAN EFISIEN)
Oleh Kak farih

Pernahkah Anda mengamati bahwa ada sebagian orang yang bisa mencapai berbagai hal, sementara ada orang yang merasa kesulitan memenuhi kebutuhan hariannya sekali pun. Padahal waktu yang kita miliki sama, kita memiliki 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Anda termasuk yang mana?

Kita semua akan senang jika segala tugas kita selesai dikerjakan dengan baik. Cobalah Anda menuliskan daftar yang harus dikerjakan (to do list), kemudian Anda mengerjakan dengan baik. Anda akan merasa puas saat Anda menandai tugas-tugas yang sudah selesai. Hal ini dapat membuat kita lebih percaya diri sehingga lebih termotivasi lagi untuk mengerjakan yang lainnya. Saya juga merasa senang saat mengetahui bahwa sudah 200 artikel lebih telah dipersembahkan untuk pembaca BMMI. Anda dapat membacanya di web site kami.

Efikasi
Efisiensi adalah melakukan sesuatu dengan kerja, waktu, dan sumber daya yang minimum. Sementara efektivitas berarti mendapatkan hasil yang positif - melakukan sesuai yang bernilai. Anda bisa efisien tetapi tidak efektif, yaitu melakukan sesuatu dengan cepat dan hemat tetapi tidak menghasilkan sesuatu. Sebaliknya pun bisa, Anda bisa efektif tetapi tidak efisiensi yaitu mengerjakan sesuatu yang bernilai tetapi terlalu lama dan menggunakan terlalu banyak sumber daya. Yang terbaik adalah efikasi yaitu gabungan antara efektif dan efisien.

Kuncinya Kejelasan
Jika kita belajar kepada Bill Gate, dia memiliki kejelasan tujuan dan memiliki determinasi yang luar biasa. Kita pun akan mendapatkan peluang sukses lebih jelas jika kita memiliki kejelasan dan determinasi yang kuat. Manusia efektif adalah mereka yang memiliki kejelasan dari setiap yang dia lakukan. Bagimana untuk meraihnya?

Hidup dalam Pertanyaan
Anthony Robbins dalam bukunya Giant Step mengatakan "Pertanyaan berkualitas membentuk hidup yang berkualitas". Bisnis sukses ketika pembuat keputusan mengajukan pertanyaan yang benar tentang jenis produk dan pasar atau strategi perencanaan. Orang sukses memiliki pertanyaan yang lebih baik. Sekarang mulailah belajar bertanya kepada diri sendiri dengan pola pertanyaan :
Dengan Cara Apa Saya Dapat ……. Atau disingkat dengan D-CAS-D. Ajukan juga pertanyaan-pertanyaan what, who, when, when, where, dan how terhadap berbagai bidang kehidupan Anda. Ini akan menambah kejelasan hidup Anda.

Perhatikan Nilai Anda
Kita, semua orang hidup dibawah pengaruh nilai-nilai yang kita yakini. Namun sering kali kita tidak menyadari nilai-nilai kita sendiri. Kita sebagai muslim memiliki sumber nilai yang luhur. Nilai yang Rabbani, yaitu nilai-nilai Al Quran. Hidup kita dan segala tindakan kita akan lebih bernilai saat kita selalu mengacu kepada nilai-nilai yang kita anut.

First Things First
Kita bisa melakukan apa pun yang kita inginkan, tetapi kita tidak bisa melakukan setiap yang kita inginkan. Oleh karena itu, kita perlu melakukan sesuatu yang paling penting bagi kita. Kita perlu memprioritaskan kerja kita. Satu cara agar kita memahami apa yang terpenting bagi kita, apa yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah dengan perencanaan. Stephen Covey menulis satu buku tebal khusus untuk menulis tentang First Things First. Ada baiknya jika Anda membeli, membaca, dan mengaplikasikan buku ini.
Genggaman Dua Tangan
Oleh Kak farih

Kita Hanya Memiliki Dua Tangan
Sudah takdir manusia hanya memiliki dua tangan. Tidak lebih, bahkan ada yang kurang. Berapa banyakkah yang bisa diraih oleh kedua tangan Anda? Jangankan segunung pasir, sember pun Anda tidak bisa menggenggamnya hanya dengan kedua tangan Anda.

Ini artinya, sehebat-hebatnya orang, dia memiliki keterbatasan, termasuk saya dan Anda. Waktu, tenaga, dan sumber daya setiap orang itu terbatas. Siapa yang punya waktu lebih dari 24 jam sehari? Oleh karena itu kita perlu memanfaatkan semua aset yang kita miliki dengan bijaksana.

Dalam artikel-artikel terlebih dahulu saya selalu menekankan untuk memiliki cita-cita atau mimpi yang tinggi. Tetapi kita perlu bijak karena sumber daya kita terbatas. Yang dimaksud bijak di sini ialah, kita tidak perlu bercita-cita untuk segala hal. Fokuskanlah terhadap apa-apa yang benarbenar penting dan sukai.

Inilah yang disebut fokus. Benda yang bisa Anda pegang terbatas jumlahnya. Waktu yang kita miliki juga terbatas, begitu juga dengan sumber daya lainnya. Jika sumber daya Anda itu Anda kerahkan untuk mendapatkan semua hal, maka hasilnya tidak akan memuaskan, tidak akan memiliki kualitas yang unggul. Brian Tracy, seorang pelatih tentang kesuksesan ternama selalu mengatakan, lakukanlah satu hal dalam satu waktu.

Yang Harus Anda Genggam
Prinsip pertama dari Sistem Manajemen Qualitas Pribadi adalah fokus terhadap pelanggan. Pada artikel yang lalu saya sudah menjelaskan bahwa kita perlu mengenal siapa saja pelanggan Anda. Yang dimaksud pelanggan ialah siapa saja yang membayar Anda baik secara materi maupun bayaran yang lainnya.

Setelah Anda mengenal pelanggan Anda, kini pilihlah sebagaian dari mereka yang benar-benar penting untuk Anda dan benar-benar Anda inginkan. Saya ingatkan bahwa Anda tidak bisa baik untuk semua pelanggan, jadi pilihlah sebanyak kemampuan yang Anda miliki atau potensi yang Anda miliki.

Selain itu Anda harus memilih pelanggan yang cocok dengan potensi yang Anda miliki. Kecocokan ini sangat penting karena bagaimana pun hebatnya Anda, tidak akan berarti bagi pelanggan yang tidak cocok dengan Anda.

Untuk memenuhi kecocokan ini, berarti Anda juga harus mengenal karakteristik pelanggan Anda, apa yang diinginkan pelanggan Anda, dan bagaimana untuk memenuhi keinginan pelanggan Anda.

Siapakah Pelanggan Anda?
Pelanggan setiap orang akan berbeda, tergantung peran apa saja yang dia ambil. Jadi Anda perlu mengenal peran Anda terlebih dahulu. Untuk mengetahui peran-peran apa saja yang Anda miliki, tanyakanlah pada diri Anda sebagai apa saja saya hidup di dunia ini.

Yang pertama, kita hidup di dunia ini ialah sebagai hamba Allah. Peran ini tidak bisa kita pungkiri.

Peran berikutnya yang bisa Anda miliki atau tidak, diantara; suami, istri, kepala keluarga, karyawan, pebisnis, pedagang, atasan, anggota masyarakat, bawahan, pemimpin negara, pengajar, dan sebagainya.

Setelah Anda mengetahui peran Anda, secara otomatis Anda akan mengenal siapa pelanggan Anda. Sebagai contoh, jika Anda sorang istri, maka pelanggan Anda adalah suami Anda. Jika Anda seorang karyawan maka pelanggan Anda adalah atasan Anda. Begitulah seterusnya.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Hidup Untuk Seluruh Waktu Hidup
Oleh Indra Dwi Noviyanto*

Hujan belumlah lagi reda ketika metromini yang kutumpangi memasuki terminal bis. Kulihat seorang bapak tua sedang menunggu "lapak" (gelaran) dagangan koran dan majalahnya. Dipojok sebelah kirinya, seorang pemuda sedang duduk dengan sebuah gitar yang diletakkan pada pangkuannya.

Melihat mereka membuat pikiranku melayang pada 5 tahun lalu ketika pertama kali menginjakkan kaki di terminal ini. Yah, mereka adalah orang-orang yang sama yang kutemui di terminal ini pada 5 tahun yang lalu.

5 tahun yang lalu, bapak pemilik gelaran dagangan tersebut adalah seorang penjaja koran yang naik turun bis kota. Sama seperti yang dilakukan oleh pengamen muda tersebut saat ini. Tetapi waktu membawa mereka pada kondisi yang berbeda saat ini.

Beberapa pertanyaan mulai hinggap dalam benakku...., apa yang membuat kualitas hidup mereka berbeda saat ini? Bagaimana cara bapak tua tersebut berubah hingga memiliki aset dagangan yang bertambah? Apa rahasia yang membuat pengamen muda tersebut menjadi sabar dengan kualitas hidupnya selama 5 tahun kebelakang ini?

Kondisi yang ada pada bapak tua tersebut saat ini adalah hasil sebuah keputusan cerdas pada masa lalunya. Keputusan cerdas diperoleh berdasarkan pada pengalaman dan pengetahuan. Pengalaman seseorang, gagal ataupun berhasil, adalah salah satu bahan bakar yang menentukan kualitas keputusan seseorang. Ladang keputusannya sendiri terletak pada setiap tarikan dan hembusan nafas seseorang. Bahkan diam sekalipun pada dasarnya adalah sebuah keputusan.

"Fa alhamahaa fujuurahaa wa taqwaahaa"

Dan sudah diilhamkan di hati kita untuk mau berbuat memilih, mana jalan kebajikan, mana jalan keburukan (QS Asy Syams 91:8)
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Ibnu Sina
Oleh Kak farih

Seorang raja bernama Nuh Ibn Mansur, seorang raja di Bukhara menderita suatu penyakit. Dia memanggil tabib-tabib terkenal di negerinya, namun penyakit tak kunjung sembuh, sampai bertemu dengan seorang pemuda yang baru berusia 17 tahun.

Pemuda tersebut mampu mengobati sang raja. Tentu saja Raja sangat senang dan berkeinginan memberikan hadiah bagi anak muda ini. Anda tahu apa yang minta oleh anak muda tersebut?

Menikah sama putrinya yang cantik?
Bukan.

Meminta harta yang banyak?
Bukan.

Meminta kedudukan yang tinggi?
Bukan.

Ternyata pemuda tersebut meminta ijin untuk bisa membaca semua buku yang ada di Perpustakaan Kerajaan.

Ini bukan kisah dongeng fiksi, ini adalah kisah nyata. Pemuda tersebut adalah Ibnu Sina, bapak kedokteran dunia.

Bukunya sangat terkenal, Al Qanun fi Al Tib (The canon of Medicine), tidak ada satu rujukan pun dalam ilmu kedoteran yang tidak mengambil rujukan dari Ibnu Sina. Di masa mudanya, ia telah memperlihatkan bakat yang luar biasa dalam kedokteran, dan ketika itu ia cukup kondang di kampungnya sebagai tabib muda.

Kejeniusannya luar biasa. Pemikirannya, terutama dibidang filsafat dan kedokteran, mengilhami karya-karya pemikir Barat, dan membanjiri literatur modern. Dikalangan barat dia dikenal dengan nama Avicienna.

Dimanakah Ibnu Sina-Ibnu Sina saat ini?
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Jangan Tergilas Roda Jaman
Oleh Kak farih

Dalam berbagai bidang, perkembangan jaman begitu pesat. Percepatannya bukan meningkat secara linier tetapi secara eksponensial. Satu perkembangan akan memicu perkembangan bidang yang lain. Lihat perkembangan teknologi yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia, artinya akan memicu berbagai aspek yang dilakukan oleh manusia.

Orang yang menyadari percepatan ini, dia akan ikut berlari mengimbangi kecepatan yang terjadi. Dan kita juga harus terus mempercepat gerak kita. Jika tidak kita akan tergilas oleh roda jaman yang bergerak cepat dan makin lama makin cepat.

Bukan hanya gagap teknologi saja yang saya maksud. Tetapi tanpa kehidupan kita yang dipercepat kita akan gagap pada bidang- bidang lainnya sebab teknologi akan mempengaruhi aspek-aspek lainnya dalam hidup. Aspek yang paling terpengaruhi oleh teknologi ialah aspek ekonomi. Ekonomi kita akan terus ketinggalan jika tidak ada usaha mendahului kemajuan orang lain setidaknya menyamai.

Percepatan kehidupan kita sangat dipengaruhi oleh kekuatan motivasi dan kemampuan Anda melakukan keputusan-keputusan. Motivasi yang kuat dan kemampuan Anda mengambil keputusan dengan cepat akan sangat membantu peningkatan kehidupan Anda sampai ke tingkat optimal. Maka, ambilah keputusan dengan cepat hari ini juga, tanpa menunda lagi untuk menggapai kehidupan yang lebih baik.

Percepatan kehidupan kita juga sangat dipengaruhi oleh kapasitas diri Anda. Akan sangat beda kemampuan percepatan antara mobil 1000 cc dengan mobil 2000 cc. Mobil dengan kapasitas yang lebih besar akan memiliki percepatan yang tinggi. Begitu juga dengan manusia, harus memiliki kapasitas yang besar agar bisa mempercepat dirinya dan tidak tergilas oleh roda jaman.

Mempercepat kehidupan dengan sungguh-sungguh sama dengan merancang kehidupan Anda dalam meraih sukses yang maksimum. Percepatlah kehidupan Anda.
Kemerdekaan Bermimpi
Oleh Kak farih

Disela-sela penjajahan yang masih ada saat ini, masih ada kemerdekaan yang kita miliki, yaitu kemerdekaan bermimpi. Tidak ada orang yang bisa melarang mimpi Anda. Mimpikanlah apa yang Anda impikan, karena Anda memiliki kemerdekaan untuk bermimpi. Manfaatkanlah kemerdekaan tersebut, jangan disia-siakan.

Kemerdekaan Indonesia atas penjajahan fisik pada tahun 1945 tidak lepas dari mimpi para pahlawan pada waktu itu. Mereka bermimpi untuk lepas dari belenggu penjajahan Belanda meskipun kondisi kekuatan yang kalah oleh penjajah. Kekalahan kekuatan tidak menghalangi mereka untuk bermimpi, sebab meski secara fisik masih dijajah, mereka sudah memiliki kemerdekaan untuk bermimpi.

Apa yang membuat mimpi mereka menjadi kenyataan? Karena mereka merealisasikan mimpi mereka dengan tindakan, mulai memberikan pendidikan kepada masyarakat, menggalang persatuan, sampai mempertaruhkan nyawa mengangkat senjata melawan penjajah. Kunci keberhasilan mereka adalah tindakan.

Saat ini kita masih mengalami penjajahan meskipun tidak secara fisik. Namun kita juga memiliki kemerdekaan untuk bermimpi, mimpi memerdekakan bangsa ini dari kemiskinan, merdeka dari penguasa-penguasa hukum yang dapat membeli hukum, merdeka dari ketakutan, merdeka dari birokrasi yang korup, dan berbagai bentuk penjajahan yang masih ada saat ini.

Seperti halnya para pahlawan tempo doeloe, keberhasilan mewujudkan mimpi mereka ialah dengan tindakan. Kita juga demikian, wujudkan mimpi kita semua dengan tindakan. Mimpi hanya akan jadi khayalan belaka tanpa tindakan. Hanya tindakan yang akan membuat mimpi kita menjadi realita.

Kemerdekaan adalah suatu mimpi besar, oleh karena itu memerlukan kekuatan yang lebih besar. Dan itu hanya diperoleh dengan persatuan. Tanpa persatuan kita tidak akan pernah memiliki kekuatan untuk mendobrak segala penjajahan yang ada. Mari kita rapatkan barisan untuk meraih kemerdekaan yang hakiki. Semoga Allah menolong kita.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!



Kepemimpinan
Oleh Kak farih

Arahkan diri Anda
Prinsip kedua dalam sistem kualitas pribadi adalah kepemimpinan (prinsip pertama adalah fokus kepada pelanggan). Terlepas apakah Anda akan membangun pribadi berkualitas yang berhubungan dengan orang lain maupun untuk Anda sendiri, kepemimpinan mutlak diperlukan. Kepemimpinan yang dimaksud disini ialah pengarahan diri Anda maupun orang lain mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Kepemimpinan berarti Anda harus mampu merumuskan visi dan misi baik untuk pribadi Anda maupun tim yang Anda pimpin. Kemudian membawa diri Anda atau tim Anda menuju visi dan misi yang sudah Anda rumuskan. Anda harus mampu menginspirasi dan memberdayakan diri Anda sendiri maupun orang lain. Bagaimana cara membuat visi dan misi? Sudah saya bahas pada artikel yang lain, silahkan kunjungi web site kami.

Optimalkan Potensi
Dalam bukunya, Robert T Kiyosaki mengatakan bahwa arti kepemimpinan ialah mengoptimalkan potensi orang yang dipimpinnya. Ini berarti Anda harus mengenal potensi-potensi yang Anda miliki, kemudian mengarahkan tindakan Anda agar memanfaatkan potensi-potensi yang ada pada diri Anda. Begitu juga bisa diaplikasikan untuk memimpin tim. Saat Anda memberikan tugas atau mendelegasikan sesuatu, potensi bawahan Anda harus dilihat, apakah akan optimal atau tidak.

Kerja kita atau tim kita akan lebih efektif jika kita mengoptimalkan potensi yang ada. Anda sendiri akan lebih mudah mencapai tujuan Anda jika apa yang dilakukan untuk mencapainya sesuai dengan potensi yang Anda miliki. Contoh ekstrimnya ialah orang yang jago main sepak bola, manfaatkanlah di sepak bola. Jika dia disuruh main bola basket, tentu saja tidak akan optimal.

Kepemimpinan = kedisiplinan
Selain mengarahkan dan mengoptimalkan potensi, kepemimpinan juga berarti memastikan semua tindakan sesuai dengan jalurnya. Sebagai contoh, misalkan Anda membeli buku bisnis, agar berhasil Anda harus memastikan tindakan Anda sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh buku tersebut, dengan kata lain Anda harus mendisiplinkan diri. Jika tidak, jangan berharap Anda bisa mencapai apa yang dijanjikan oleh buku tersebut. Sesuai buku pun belum tentu berhasil, apa lagi tidak.

Begitu juga untuk hal lainnya, Anda harus bisa mendisiplinkan diri Anda atau tim dibawah Anda agar sesuai dengan jalur yang telah ditetapkan. Bagaimana jika jalur yang telah ditetapkan meleset dari tujuan? Untuk hal ini kita akan membahasnya pada artikel-artikel mendatang. Insya Allah.

Keputusan
Oleh Kak farih

Dimana Anda lima tahun mendatang? Bagaimana keadaan Anda saat itu? Dan apa yang Anda lakukan saat itu? Apakah Anda akan tinggal di rumah yang sama? Apakah masih mengendarai mobil yang sama atau tetap tidak punya mobil? Bekerja pada pekerjaan yang sama? Apakah lima tahun mendatang hanya akan menambah umur saja, lima tahun lebih tua?

Perjalanan hidup sama seperti perjalanan kita di suatu jalan. Kita bisa lurus, belok ke kiri, atau belok ke kanan, bahkan kembali ke belakang. Semua itu ditentukan oleh keputusan Anda mengayuhkan langkah atau membelokan setir. Jika Anda tidak membelokkan langkah Anda atau setir Anda, Anda akan terus lurus.

Begitu juga dalam hidup, jika Anda tetap tidak merubah arah hidup Anda, Anda akan tetap seperti sekarang ini. Hanya saja umur yang lebih tua, tanpa perubahan yang berarti dalam hidup Anda. Jika Anda ingin berubah, dan memang harus ingin berubah, maka Anda harus memutuskan untuk berubah, tentu saja berubah ke arah yang lebih baik.

Setiap hari kita selalu bertemu dengan keputusan, bahkan diam sekalipun adalah sebuah keputusan. Setiap keputusan akan membawa konsekuensi kepada kita hari esok. Seperti dalam perjalanan, apakah akan ke kanan atau ke kiri, ke bawah atau ke atas. Jika Anda memutuskan ke kanan, konsekuensinya mungkin Anda akan menuju Barat, sebaliknya jika keputusan Anda ke kiri berarti konsekuensinya Anda akan ke Timur. Bahkan jika tidak memutuskan ke kiri atau ke kanan, konsekuensinya Anda Anda akan ke Selatan. Segala keputusan mengandung konsekuensi.

Tengoklah kembali perjalanan Anda saat ini, akan menuju kemana? Apakah ke arah yang lebih baik, atau ke arah yang lebih buruk, atau tetap saja seperti saat ini? Tetapkanlah sebuah putusan dan jalanilah menuju konsekuensinya.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Kontribusi Umar bin Abdul Aziz
Oleh Kak farih

Umar bin Abdul Aziz adalah salah satu idola yang perlu kita teladani setelah Rasulullah dan para sahabat. Sungguh setiap perbuatannya, terutama setelah menjadi khalifah sangat berarti bagi kaum muslimin saat itu. Terutama yang berada di bawah kepemimpinannya. Mungkin, keterpurukan Indonesia saat ini karena belum memiliki pemimpin seperti beliau. Mudah-mudahan Allah menuntun kita untuk memilih pemimpin yang seperti beliau, setidaknya pemimpin yang paling mirip kebaikannya dengan beliau.
•    Tak lama setelah berkuasa beliau langsung menurunkan serta memenjarakan Usamah bin Zaid at-Tanurkhi seorang pejabat yang semena-mena.
•    Umar juga menurunkan Yazid bin Abi Muslim seorang pejabat yang bengis dan jalim.
•    Umar membolehkan siapa saja yang terzalimi menemuinya tanpa izin. Sehingga rakyat tidak segan-segan mendatangi Umar saat dizalimi.
•    Umar memperkecil gajinya sementara memperbesar gaji untuk pegawainya.
•    Umar mengeluarkan seluruh hartanya dan mengembalikannya ke dalam harta kaum Muslimin.
•    Perhatian Umar sangat besar kepada orang yang cacat.
•    Umar langsung mengembalikan barang-barang atau harta yang diambil secara zalim pada pemerintahan sebelumnya.
•    Umar membebaskan toko-toko di suatu kota yang telah dirampas oleh seseorang yang berpengaruh.
•    Umar pun menaruh perhiasan istrinya di baitul mal.
•    Kemakmuran rakyat Umar, sampai-sampai pegawainya di Afrika tidak menemukan orang yang mengambil zakat.
Itulah sekelumit kontribusi seorang Umar Ibnul Aziz. Mungkin kita berfikir bahwa kontribusi seperti itu hanya bisa dilakukan oleh seorang penguasa. Betul, inilah salah satu pelajaran yang bisa kita ambil. Kontribusi kita akan lebih besar kepada orang lain jika kedudukan kita lebih tinggi. Baik kedudukan hartanya, jabatannya, mau pun ilmunya.

Meski pun kita tidak menjadi pejabat, tetapi kita masih bisa berkontribusi dengan cara memilih dan mengajurkan orang lain memilih calon pejabat yang bersih. Bangsa kita memang dikenal dengan bangsa yang korup, tetapi percayalah bahwa masih ada pejabat-pejabat atau calon pejabat yang bersih dan ikhlas. Mungkin kita tidak tahu, maka carilah atau selidiki siapa diantara calon pejabat yang paling bersih dan jangan lupa kita berdoa kepada Allah agar menunjukannya.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Kunci Sukses Jangka Panjang
Oleh Kak farih

Dr Edward Banfield, seorang ahli sosiologi dari Universitas Harvard menulis buku yang berjudul The Unheavenly City. Dia menggambarkan satu faktor penting seseorang dalam meraih kesuksesan. Dia menemukan bahwa faktor utama yang menyebabkan sesorang sukses adalah sikap tertentu yang ada dalam pikiran orang tersebut.
Sikap itu adalah perspektif jangka panjang. Sikap ini berarti bahwa seseorang yang sukses dalam berencana dan bertindak selalu memiliki perspektif jangka panjang. Setiap keputusan yang dibuat selalu memperhatikan akibatnya bagi masa depan dalam jangka panjang. Tidak ada istilah bagi mereka yang berbunyi "bagaimana nanti saja", mereka lebih berpikir: "Nanti bagaimana?"

Berpikir jauh ke depan bukan berarti mengkhawatirkan masa depan. Tetapi lebih kepada mempersiapkan masa depan. Segala keputusan, rencana, dan tindakan akan dipertimbangkan bagaimana dampaknya di masa depan. Apakah keputusan saya saat ini akan membawa dampak positif bagi masa depan saya? Apakah rencana saya mendukung visi saya? Apakah tindakan saya akan mempengaruhi masa depan saya?

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
(QS Al Hasyr[59]:18)

Satu-satunya cara untuk membentuk perspektif jangka panjang ini ialah dengan merumuskan visi Anda saat ini. Jangan abaikan dengan langkah sukses ini. Jangan takut untuk gagal, lebih baik Anda gagal meraih visi yang luar biasa, dari pada berhasil tidak meraih apa pun. Jika visi Anda mulia atau sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam, insya Allah proses Anda dalam meraih visi tersebut akan mendapatkan pahala.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Memaknai Keberhasilan
Oleh Kak farih

Jangan pernah mengatakan bahwa tahun ini Anda gagal. Mungkin untuk sebagian hal Anda gagal, tetapi percayalah tidak semuanya gagal. Masih ada hal-hal pernah hasilkan, ada juga pernah sukses meskipun sukses-sukses kecil. Mungkin saja Anda lupa dengan keberhasilan yang pernah Anda capai atau mungkin saja Anda kurang memperhatikan keberhasilan tersebut karena Anda anggap keberhasilan tersebut tidak ada artinya.

Keberhasilan sekecil apapun akan membawa manfaat besar bagi Anda. Manfaat pertama adalah pahala dari Allah jika kita pandai mensyukuri keberhasilan tersebut. Jika kita melupakannya, kurang memperhatikan, atau menganggap remeh, kita akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pahala dari bersyukur. Lebih parah lagi jika kita malah termasuk orang yang tidak mensyukuri nikmat. Semoga Allah melindungi kita dari akhlaq tersebut. Semoga kita tidak lagi melupakan nikmat sekecil apapun. Memang ada nikmat yang kecil?

Keberhasilan kita masa lalu adalah batu loncatan untuk meraih keberhasilan lagi dimasa depan. Keberhasilan yang telah diraih akan menjadi aset yang sangat berharga. Aset adalah sesuatu yang akan memberikan "penghasilan" bagi kita. Penghasilan yang tidak hanya berupa materi, posisi, atau situasi juga penghasilan yang akan membentuk kepribadian kita yang lebih baik.

Keberhasilan akan membentuk pribadi yang pandai bersyukur. Sementara bersyukur adalah salah satu dari akhlaq mulia. Allah berjanji akan menambah nikmat kita jika kita bersyukur dan juga bersyukur akan membuat hidup kita lebih ceria dan bersemangat. Hidup kita akan penuh dengan harapan dan harapan dapat membangun gairah dan antusias.

Dengan mensyukuri keberhasilan secara tidak langsung akan membentuk citra diri positif. Anda akan sadar dengan kemampuan yang telah Allah berikan kepada Anda. Anda akan tahu bahwa Anda bisa berhasil dan Anda mampu melakukan sehingga Anda akan lebih percaya diri dan semangat dalam meraih cita-cita lain yang lebih baik di hari esok.

Bersyukurlah terhadap nikmat yang telah kita peroleh jika kita ingin menambah nikmat kita.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Membumikan Mimpi
Oleh Kak farih

Ada dua orang tukang bakso yang baru saja memulai bisnisnya. Sebut saja yang satu si A dan yang satunya lagi si B. Si A berkata, "Dengan berdagang bakso saya ingin menjadi orang kaya." Begitupun dengan si B mengatakan hal yang sama. Kedua tukang bakso ini baru saja bermimpi. Akankah jadi kenyataan?

Si A berkata lagi, "Saya ingin mempunyai penghasilan Rp 20 juta sebulan." Tetapi pada saat ini si B tidak berkata, atau kalaupun berkata dia hanya mengulang pernyataan yang pertama, "Saya ingin menjadi orang kaya". Apa perbedaan kedua orang ini?

Selanjutnya Si A menuliskan keinginannya, "Saya ingin mempunyai penghasilan Rp 20 Juta sebulan dan akan di capai pada usia saya yang ke tiga puluh". Saat ini si A baru berusia 20 tahun. Si B masih tetap hanya mengatakan "Saya ingin menjadi orang kaya". Mulai melihat perbedaan? Jika saya tanya, siapa yang mempunyai peluang lebih besar untuk menjadi kaya? Anda sudah tahu jawabannya. Perbedaanya sangat sederhana, tetapi hasilnya akan jauh berbeda, kenapa?

Pada saat ini, kira-kira apa yang akan dilakukan si A dan si B. Si A akan memikirkan bagaimana caranya memiliki penghasilan 20 juta pada 10 tahun mendatang. Dia akan berpikir bagaimana, bagaimana, dan bagaimana, untuk memiliki pengasilan seperti yang dicita-citakan. Bagaimana dengan si B? Si A mungkin sudah menghitung, jika saya mengasilkan 1 juta perbulan dari berdagang bakso per gerobak, berarti saya harus punya 20 gerobak untuk bisa mengasilkan Rp 20 juta. Berarti saya harus menambah gerobak saya 2 buah pertahun.

Sekarang sudah sangat jelas perbedaan dari kedua orang tersebut. Keduanya sama pemimpi, tetapi peluang untuk mencapai mimpi tersebut sungguh berbeda. Apa yang membedakannya?

TUJUAN

"Tujuan adalah mimpi dengan batas waktu."-- Diana Scharf Hunt

Tujuanlah yang membedakan Anda pemimpi disiang bolong dengan orang yang berhasil. Tujuanlah yang memberikan arah yang jelas. Tujuanlah yang membantu Anda menemukan jalan untuk membumikan mimpi. Tujuanlah yang memberikan prioritas apa saja yang harus Anda dahulukan. Tujuan adalah langkah pertama untuk menggapai sukses.

Sekarang giliran Anda.

Anda punya mimpi? Jika belum mungkin Anda belum membaca artikel saya yang berjudul "Bermimpilan" Artikel tersebut bisa Anda baca di web site atau pada Buletin edisi 6. Cara mendapatkan edisi terdahulu ada di bawah.

Atau Anda sekarang sudah punya mimpi, misalnya Anda ingin kaya, ingin mendapatkan kebebasan finansial, ingin berlibur ke Hawai, ingin menjadi presiden, ingin keliling dunia, atau ingin menjadi manusia yang berguna bagi manusia lain.

Bermimpilah, buatlah tujuan dari mimpi Anda, buatlah rencana, lakukan rencana, dan capailah mimpi Anda.

Wallahu a'lam bishawab
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Mengapa
Oleh Kak farih

Tahukah Anda bahwa salah satu rahasia sukses seseorang ialah dengan menjawab pertanyaan "mengapa" harus mencapai kesuksesan tersebut. Soal bagaimana cara mencapainya itu adalah urusan kedua, semua orang bisa jika mau mempelajarinya.

Segala rintangan akan bisa Anda atasi jika "MENGAPA" anda cukup kuat dan besar. Anda adalah penentu kesuksesan Anda, bukan orang lain bukan juga lingkungan, sekali lagi..... ANDA.

Coba Anda lihat, dalam suatu lingkungan pasti ada yang berhasil, tidak perduli bagaimana orang di sekitar kita tetapi ada saja orang yang berhasil. Hal itu menunjukan bahwa Andalah yang menentukan kesuksesan tersebut, bukan orang lain bukan juga lingkungan.

Semakin besar "Mengapa" Anda akan semakin besar energi yang mendorong Anda untuk meraih sukses. Oleh karena itu sebelum Anda melakukan sesuatu Anda perlu menyatakan "mengapa" Anda sejelas mungkin, "mengapa Anda melakukan hal tersebut?" Jika Anda dalam bisnis, mengapa Anda melakukan bisnis tersebut?

"Mengapa" Anda harus benar-benar dapat menjadi sumber energi bagi Anda, caranya ialah dengan membuat "mengapa" tersebut sebesar mungkin, sehingga Anda mau berjuang dan bekerja keras untuk mencapainya.
Tentukan "mengapa" Anda hari ini
Cobalah jawab pertanyaan-pertanyaan berikut :
•    Jika saya tidak harus bekerja semumur hidup, apa yang saya sukai untuk dilakukan?
•    Bagaimana jika Anda punya uang $10 juta (tanpa pajak tanpa kewajiban bayar apa pun) apa yang akan lakukan?
•    Jika Anda tahu umur Anda tingga enam bulan, sementara Anda bisa lakukan apapun, apa yang akan Anda lakukan?
Dari jawaban di atas akan membantu Anda menentukan apa keinginan sejati Anda.
Hati-hati dengan hawa nafsu
Anda harus hati-hati dalam menentukan tujuan atau keinginan sejati Anda. Lihatlah kembali Al Quran, apa sich sebenarnya esensi hidup kita? Apa hanya untuk mengejar kesengan belaka? Apa tujuan diciptakannya manusia? Bagaimana fitrah manusia sebenaranya?

Jika keinginan sejati Anda tidak sejalan dengan apa yang di tuntuk oleh Al Quran tentu saja itu sudah ada pengaruh dari hawa nafsu.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Menuju yang Lebih Tinggi
Oleh Kak farih

Coba bayangkan, hidup dengan seorang istri yang shalihah. Bukan hanya shalihah juga merupakan pengusaha wanita yang sukses dan kaya. Perdagangannya sudah bertaraf internasional dan memiliki banyak distibutor yang siap menjual dagangan ke berbagai daerah dan negara lain.

Selain itu, hidup disebuah kota dimana kakek serta paman-paman beliau merupakan orang yang sangat berpengaruh di kota tersebut. Tidak akan ada orang yang berani mengusik beliau. Beliau mendapatkan penghormatan dari masyarakat bukan hanya karena keluarganya yang berpengaruh tetapi pribadi beliau sendiri yang memukau, yang terkenal dengan kejujurannya sehingga mendapatkan gelar al amin.

Itulah kehidupan nyaman Rasulullah SAW sebelum menjadi seorang Rasulullah. Semenjak beliau mengikrarkan akan membawa misi mulia, menuju yang lebih tinggi, beliau benar-benar meninggalkan kenyamanan yang beliau miliki selama ini.

Karena tidak mempan dengan bujukan harta, tahta, dan wanita, teror yang datang mengganti bujukan tersebut. Ancaman, fitnah, dan berbagai hal yang menyakitkan datang silih berganti agar beliau berhenti menyebarkan risalah suci.

Beliau pernah hijrah ke negeri orang dengan melalui perjalanan panjang dan mendapati kegagalan sampai akhirnya hijrah ke Madinah. Beliau diancam untuk dibunuh, pengikut beliau diteror bahkan tidak sedikit yang mengalami siksaan dan pembunuhan.

Kontras dengan sifat beliau yang lembut dan penyayang, beliau harus memimpin berbagai perang yang ganas demi menegakkan kalimat tauhid. Perang yang mengerikan dimana hampir selalu kekuatan fisik lawan jauh lebih besar bahkan berlipat-lipat. Beliau pernah terluka, kehilangan banyak sahabat bahkan paman tercinta beliau Hamzah, semoga Allah meridlainya.

Itulah suatu perubahan yang dialami oleh manusia teragung sepanjang zaman. Perubahan dari suatu kondisi yang nyaman menjadi kondisi yang tidak nyaman, yang memerlukan banyak pengorbanan dan kerja keras. Semua itu demi sebuah misi yang diperintahkan Allah SWT kepada beliau, dan kita. Misi yang diperlukan untuk membawa umat manusia ke tingkat yang lebih tinggi dari keterpurukan yang disebabkan oleh ulah manusia sendiri.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Menumbuhkan Kejeniusan Unik
Oleh Kak farih

Apakah Anda jenius? Atau kadang muncul pertanyaan apakah kita bisa jenius? Kalau Anda mengatakan bahwa diri Anda tidak bisa jenius, jangan baca artikel ini karena akan percuma. Jika Anda merasa bahwa Anda bisa menjadi jenius silahkan baca artikel ini, karena akan memberikan tip-tip untuk menumbuhkan kejeniusan Anda.

Mark Victor Hansen and Robert G. Allen pengarang buku One Minute Millionaire mengatakan bahwa ekspresi kejeniusan itu ialah mengetahui apa yang ingin kita lakukan dan melakukannya. Itulah yang mengekspresikan kejeniusan Anda. Contoh-contoh tokoh yang mengekspresikan kejeniusan unik mereka adalah orang-orang yang telah mencapai prestasi luar biasa. Kita pun bisa.

Berikut adalah latihan yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan perasaan jenius unik Anda. Jawablah pertanyaan lalu Anda renungkan, jika perlu revisi jawabannya sampai mendapatkan jawaban yang benar-benar merupakan ekspresi diri Anda, bukan hanya semata-mata mencontoh orang lain.
1.    Apa yang benar-benar Anda ingin lakukan, apa yang menggairahkan hidup Anda, apa yang menjadi hobi Anda, dan apa yang menjadi ambisi Anda?
2.    Bidang apa yang Anda kuasai, apa yang orang katakan bagus yang ada pada diri Anda, apa yang menjadi pencapaian membanggakan diwaktu lalu, apa yang telah Anda raih dengan sukses, apa yang menjadi unggulan Anda, dan apa yang jika Anda perbaiki akan menjadikan diri Anda seseorang yang unggul?
3.    Apa yang penting bagi Anda, apa yang akan Anda kejar jika uang bukan suatu halangan, apa yang akan Anda lakukan dengan mengambil resiko yang besar, apa yang akan lakukan jika hidup Anda tinggal 5 tahun?
Kemudian pahamilah bahwa hidup kita ini hanya untuk ibadah. Nilai-nilai yang kita anut adalah apa yang ada dalam Al Qur'an dan hadits. Kita mempunyai dua peran besar dalam hidup, yaitu sebagai khalifah di muka bumi dan menjadi rahmatan lil'alamin. Dan dakwah sebagai profesi utama Anda.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Meraih Keberhasilan
Oleh Kak farih

Apa syarat yang paling penting dalam mencapai keberhasilan? Pertanyaan ini acap ada pada diri kita. Apalagi jika kita sering mengalami kegagalan. Hanya saja banyak orang sering salah mengartikan tentang arti keberhasilan itu sendiri. Keberhasilan selalu dikaitkan dengan keberhasilan-keberhasilan yang besar. Padahal kita tahu bahwa dalam mencapai keberhasilan besar, harus dimulai dari keberhasilan kecil.

Ketidakmengertian ini sering membuat kita frustasi. Seakan-akan kita ini hidup selalu dalam kegagalan. Tidak ada sikap optimis dalam diri kita. Sikap tidak optimis ini akan mengakibatkan kita pada keadaan yang menganggap bahwa keberhasilan itu bukan milik kita. Padahal kita harus yakin bahwa keberhasilan adalah hak setiap orang, termasuk diri kita. Kuncinya adalah bahwa keberhasilan itu harus diraih, bukan dinanti. Ia tidak akan datang dengan sendirinya. Ia akan datang pada orang yang telah siap untuk mendapatkan keberhasilan.

Kembali kepada keberhasilan kecil. Keberhasilan kecil yang dimaksud adalah keberhasilan-keberhasilan yang sering kita tidak sadar, bahwa sebenarnya kita telah melakukan sebuah keberhasilan. Sebagai contoh, jika kita berjanji pada seseorang untuk tepat waktu, dan kita dapat memenuhi janji itu. Maka kita sudah mendapatkan keberhasilan. Atau, jika kita hari ini berjanji untuk mengerjakan sebuah pekerjaan kantor hingga selesai. Maka kita sebenarnya sudah menjadi orang yang berhasil jika dapat melakukan itu.

Jadi, kita dapat mengukur keberhasilan yang kita capai setiap hari. Caranya adalah dengan membuat catatan tentang apa saja yang kita akan kerjakan dalam satu hari itu. Lalu kita bertekad untuk melaksanakan komitmen itu dan menyelesaikannya dengan baik. Maka kita dapat membayangkan hasilnya jika ini kita lakukan terus setiap hari, kita akan menjadi orang yang tepat waktu dan dapat mengerjakan sebuah pekerjaan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Ini sebenarnya adalah sebuah keberhasilan besar, karena untuk mempertahankan sikap seperti ini memerlukan pengorbanan dan disiplin yang tinggi.

Dari keberhasilan kecil inilah nantinya akan lahir sebuah keberhasilan besar. Seperti halnya untuk menulis sebuah buku mulailah dari bab pertama. Untuk menulis bab pertama mulailah dengan alinia pertama. Untuk memulai alinia pertama mulai dengan kata pertama. Jadi, segala kerja besar pasti diawali dengan kerja yang lebih kecil. Dari kerja kecil inilah akan lahir sebuah kerja besar.

Hanya saja, masalahnya adalah tidak setiap orang mempunyai kemauan untuk mengerjakan pekerjaan yang kecil itu secara terus-menerus dan disiplin. Untuk mencapai keberhasilan itu ada beberapa syarat. Pertama, adanya niat yang kuat. Niat merupakan tekad mencapai sesuatu disertai dengan perbuatan. Di dalam mencapai sesuatu, niat merupakan kunci utama untuk mencapai keberhasilan atau kesuksesan sesuatu yang sedang dikerjakan, karena manusia tanpa tekad dan sifat optimisme yang tinggi maka segala sesuatu yang ia capai tidak akan mempunyai manfaat apa-apa bahkan gagal, karena yang ada pada dirinya adalah rasa tidak yakin atau pesimis akan keberhasilan sesuatu yang ia kerjakan.

Sikap pesimis ini amat bertentangan dengan kaidah Islam. Karena manusia yang tidak mempunyai keyakinan untuk berhasil atas sesuatu yang dikerjakan, padahal Allah selalu mengkabulkan sesuatu sesuai dengan yang ia niatkan, maka ia sudah berburuk sangka terhadap Allah. Dalam hadis Qudsi, Allah berfirman, “Aku tergantung pada prasangka hambaku.” (Niat-sugesti) terhadap diriku dan Aku selalu bersamanya apabila ia selalu mengingatku”. Dalam hadis lain Nabi bersabda, Bahwa segala sesuatu perbuatan harus dilandaskan dengan niat dan perbuatan itu sesuai dengan apa yang diniatkan (HR.Bukhari Muslim). “Perbuatan seorang muslim yang dilandasi dengan niat lebih baik daripada perbuatan yang tanpa niat”.

Niat inilah yang menumbuhkan kekuatan dari diri manusia. Dalam Islam, niat itu selalu dihubungkan kepada Allah. Allah adalah sumber pemberi kekuatan manusia. Dengan demikian, karena Allah adalah sumber kekuatan, maka manusia yang lemah, itu selalu berdoa kepada-Nya. Jadi, syarat kedua untuk berhasil adalah dengan berdoa kepada-Nya.

Doa ini menjadikan manusia tidak sombong atas keberhasilannya, dan doa ini juga menumbuhkan sikap optimis. Karena dalam doa ini terkandung sebuah makna bahwa Allah selalu bersamanya. Allah Maha Kuasa sedangkan manusia makhluk yang sangat lemah yang selalu tergantung kepada-Nya.Sebagai makhluk Allah yang lemah, manusia sangatlah sombong jika tidak mau berdoa.

Allah sangatlah murka terhadap orang-orang yang sombong. Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepadaku pasti Aku perkenankan. Dan orang-orang yang sombong (tidak mau berdoa) kelak mereka akan masuk ke neraka Jahanam secara hina (QS.Al-mukmin:60). Dan apabila hamba-hambaku menanyakan kepadamu tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku memperkenankan permohonan (Doa) seseorang bila ia memohon kepada-Ku. Karena itu hendaklah ia mentaati segala perintahku dan beriman kepada-Ku semoga ia selalu dalam kebenaran. (QS.Al-Baqarah:186)

Tentu saja niat dan doa tidak cukup untuk mencapai keberhasilan. Di samping dua hal tadi, syarat yang ketiga untuk berhasil adalah dengan ikhtiar (berusaha). Berusaha merupakan syarat untuk tercapainya sesuatu, tanpa usaha tidak mungkin akan tercapai sesuatu karena qudrat (kehendak) Allah, yang baik atau yang buruk, yang telah ditentukan kepada manusia tergantung usaha manusia itu sendiri mau yang baik atau yang buruk dan kesungguhan mereka dalam berusaha. Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib sesuatu kaum kecuali mereka sendiri yang merubahnya. (QS. Ar-ra’d:11) Tidaklah sama antara orang-orang mukmin yang tidak turut berperang yang tidak ada halangan dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa. Allah melebihkan orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwa satu tingkat. (QS.An-nisa:95) Berdoa saja tanpa berusaha adalah berkhayal yang tidak ada ujung pangkalnya dan dilarang oleh ajaran Islam.

Tentu saja, dalam berusaha kita tidak dapat sekedar berusaha saja. Usaha adalah sebuah kerja untuk mencapai sesuatu hasil. Dalam kerja juga dibutuhkan keahlian dan pendidikan. Di sinilah dibutuhkan sebuah langkah awal bagaimana kita dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian kita. Jadi belajar adalah tugas pertama kita sebelum melakukan pekerjaan.

Tentu saja, dalam belajar kita bisa berhasil dan tidak. Tapi yang jelas kita telah berusaha semaksimal mungkin. Kunci dalam berikhtiar ini adalah keikhlasan, yang merupakan syarat keempat keberhasilan. Ikhlas secara bahasa artinya jernih atau murni, dan secara istilah adalah beramal tanpa dicampuri oleh sesuatu yang lain semata karena mendekatkan diri kepada Allah. Ingatlah, bahwa ibadah yang setulus-tulusnya itu, harus ditujukan kepada Allah. Karena itu beribadahlah kepada Allah Swt dengan Ikhlas beragama untuk Dia semata. (QS.Az-zumar:2 dan 3). Dan tidaklah mereka diperintahkan sesuatu, melainkan untuk beribadah kepada Allah Swt dengan Ikhlas, patuh mengerjakan agama dan mendirikan shalat, mengeluarkan zakat. Itulah agama yang lurus. (QS. al-Bayyinah:5)

Tak mudah memang untuk beramal dengan ikhlas. Karena dalam hati manusia ada setan yang selalu menggoda manusia yang lengah ketika sedang berbuat baik dan mengotori hatinya dengan riya (beramal tidak karena Allah atau karena sesuatu yang lain) atau kemewahan dunia. Sehingga untuk mencapai ikhlas ini, kita memohon kepada Allah dijauhkan dari sifat riya dan menjauhkan hati kita dari unsur-unsur yang selain Allah. Iblis berkata: Ya Tuhanku karena engkau telah mentakdirkan aku makhluk sesat, maka aku akan menggoda (anak-cucu Adam ) dengan keindahan dunia dan akan aku bawa mereka ke jalan yang sesat semuanya .Kecuali hamba-hambaMu yang ikhlas di antara mereka (QS. al-Hijr:39-40)

Ikhlas inilah senjata manusia dalam meniti sukses melawan godaan Iblis. Di dalam hati manusia inilah terletak pertarungan antara keikhlasan dan keriyaan, sehingga sulit dideteksi dari luar. Oleh karena itu, tak seorangpun yang tahu apakah ibadah seseorang itu ikhlas. Apakah sumbangan yang diberikan orang itu ikhlas atau tidak. Apakah ucapan-ucapan yang baik ketika berbicara dengan orang lain, itu ikhlas atau tidak. Semua itu hanya Allah dan orang itu saja yang dapat mengetahui, apakah ia ikhlas atau tidak. Dalam hal ini, Allah tidak menerima amal hambanya yang tidak ikhlas.

Dengan demikian, setidaknya ada empat hal untuk kita mencapai keberhasilan. Yakni; niat yang kuat, berdoa, berusaha dan keikhlasan. Jika kita dapat melakukan empat hal ini dengan benar, maka cahaya keberhasilan itu akan bersinar. Maka manusia yang demikian, akan menapaki hidupnya dengan sejuta harapan.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Meraih Kepribadian Sejati
Oleh Kak farih

Ada suatu temuan menarik dari seorang ahli Psikologi yang bernama Dr. Garfield yang ditulis dalam bukunya Peak Performance. Dia menemukan bahwa mereka yang berhasil meraih puncak prestasi memiliki serangkaian karakteristik utama yang sama. Karakteristik-karakteristik itu adalah
1.    Mereka mendedikasikan diri pada misi untuk orang banyak
2.    Aktivitas penuh makna dengan hasil nyata dan terukur
3.    Pembangunan tim dengan menjadi anggota tim yang baik
4.    Penyesuaian arah -- menjaga momentum dan perubahan sesuai dengan perkembangan waktu.
Ini adalah karakter-karakter yang ditemukan pada orang-orang sukses di Amerika. Padahal, karakter-karakter ini bisa kita pelajari dari ajaran Islam sendiri. Kita bisa mempelajarinya baik dari Al Quran, Hadits, maupun dari sirah Nabi Muhammad SAW. Lalu kenapa orang-orang yang sukses secara ekonomi dan politik justru kebanyakan dari non muslim?

Untuk meraih kepribadian puncak, mulailah dengan berpikir untuk memberikan kontribusi Anda kepada orang lain. Kekurangan diri kita bukan suatu alasan sehingga kita tidak membantu orang lain. Justru dengan memikirkan orang lain, akan menjadi motivasi yang besar dalam memperbaiki kehidupan kita. Mulailah memikirkan apa yang bisa Anda kontribusikan kepada orang lain. Saat Anda berusaha memberikan kontribusi kepada orang lain, secara otomatis diri Anda sendiri pun ikut terbantu oleh Anda sendiri.

Mulailah bekerja dengan manajemen yang baik, sehingga setiap aktivitas Anda penuh makna. Dengan manajemen yang baik, semua aktivitas Anda akan memberikan hasil yang nyata dan terukur. Manajemen yang diperlukan tidak rumit, Anda hanya perlu menentukan tujuan Anda, kemudian membuat rencana serta melakukannya dengan penuh disiplin. Pembahasan yang lebih lengkap tentang manajemen ini, bisa Anda dapatkan pada ebook yang saya tulis.

Salah satu karakteristik para sahabat ialah mereka siap menjadi jendral dan mereka juga siap menjadi prajurit. Itulah karakteristik yang baik yang akan membawa kita kepada keberhasilan. Kita akan menjadi pemimpin yang handal jika kita juga mampu menjadi anggota tim yang baik. Lepaskan ego kita untuk menjadi pemimpin terus, karena justru dengan menjadi anggota tim yang baik, adalah sarana untuk menjadi pemimpin yang baik. Dalam Islam, semua manusia itu sama. Tidak dibedakan oleh apakah dia pemimpin atau tidak, tetapi oleh ketakwaannya. Namun, jika Anda ingin sukses, sikap kepemimpinan adalah sangat diperlukan.

Dan yang terakhir adalah kemampuan kita untuk beradaptasi terhadap perubahan. Ajaran Islam tidak melarang kita berubah, selama perubahan itu bukan pada hal-hal yang telah ditetapkan cara melakukannya. Kata Nabi SAW, Kamu lebih mengetahui untuk urusan dunia. Justru ajaran Islam memberikan keleluasaan bagi kita untuk hidup lebih maju. Cara dakwah Rasulullah SAW sebelum hijrah berbeda dengan setelah hijrah, itu adalah contoh kita agar kita juga mampu beradaptasi sesuai dengan keadaan jaman.

Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Misi Manusia
Oleh Kak farih

Dalam buku Seven Habit Highly Efective People, Steven Covey menekankan akan pentingnya sebuah pernyataan misi. Saya setuju bagi mereka yang belum mengetahui misi hidupnya. Tetapi kita, sebagai umat Islam sudah memiliki misi hidup, yang merupakan tujuan di ciptakannya manusia. Untuk mengetahui atau mengingat misi kita, kita tinggal membuka Al Quran, di sana sudah tertulis jelas tentang misi kita.

Bukan berarti Anda tidak boleh menulis pernyataan misi. Silahkan saja jika ingin menyalin kembali misi kita yang sudah tertulis di Al Quran. Misalnya Anda ingin menulis di buku harian Anda.

Misi manusia menurut Al Quran pada intinya ialah beribadah kepada Allah dan menjadi khalifah di muka bumi. Pengertian ibadah disini ialah melakukan segala sesuatu yang diperintahkan Allah serta menjauhi apa yang dilarang-Nya. Ibadah bukan hanya shalat dan puasa, tetapi dalam segala aspek kehidupan kita.

Sedangkan misi kita sebagai khalifah, menuntut kita untuk membangun, baik aspek materi maupun ruhani. Hal yang bersifat materi ialah masalah fisik manusia dan alam semesta beserta isinya. Sedangkan membangun ruhani dengan cara menerapkan nilai-nilai Islam dalam segala aspek kehidupan manusia.

Setelah manusia membangun alam ini dengan arahan syariat, maka selanjutnya ialah memeliharanya. Sama hal seperti membangun, yang dipelihara adalah aspek materi dan ruhani. Seperti halnya rumah, setelah dibangun rumah tersebut perlu dipelihara agar tetap ada. Selanjutnya sebagai khalifah kita juga memiliki tugas untuk menjaga agama, nafsu, akal, harta, dan keturunan manusia.

Apakah kita bisa untuk mengemban misi kita itu semua? Insya Allah kita bisa, karena Allah Maha Tahu, Allah tahu sampai dimana potensi dan kemampuan kita. Jika kita tidak merasa mampu berarti kita belum benar-benar mengoptimalkan potensi kita.

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya."
(QS.Al-Baqarah:286)
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Modal Keunggulan
Oleh Kak farih

Apakah para pahlawan yang kita kenal selalu memiliki ilmu yang luas dan kecerdasan yang berlebihan? Tidak selamanya, namun yang jelas mereka memiliki semangat luar biasa. Mereka memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai keunggulan tersebut.

Lihatlah Ibnu Sina yang begitu semangat membaca berbagai macam buku. Sehingga selain wawasannya yang sangat luas, juga memiliki kedalaman ilmu yang benar-benar dalam, bahkan bukunya menjadi rujukan sampai sekarang, setelah beratus- ratus tahun.

Anda mungkin pernah mendengar, bagaimana Imam Bukhari berkeliling untuk mengumpulkan hadits-hadits. kemudian menyeleksi hadits yang jumlahnya sangat banyak menjadi kumpulan hadits yang shahih. Kemudian Imam Syafi'i yang begitu getol menuntut ilmu kepada puluhan ulama, sehingga beliau menjadi ahli fiqh terkemuka.

Anda juga bisa merasakan semangat Shalahudian Al Ayubi, saat memimpin perang melawan pasukan Salib. Meskipun beliau tidak termasuk orang yang pintar, tetapi beliau gemilang dalam memimpin tentaranya. Beliau memiilki taktik yang hebat. Salah satu prestasi hebatnya ialah saat beliau berhasil menyatukan negaranya pada saat genting. Beliau berhasil dengan jalan menjadi teladan yang baik.

Jika Anda belum merasa memiliki keunggulan saat ini, mungkin Anda belum memiliki semangat yang tinggi dan motivasi yang kuat dalam rangka menggali potensi Anda. Jangan dulu memutuskan diri tidak berbakat, sebelum kita benar-benar menggali potensi diri kita masing-masing. Salah satu hal penting dalam menggali potensi kita ialah dengan keberanian mencoba hal yang baru dan mencoba ke tingkat yang lebih tinggi atau lebih berat.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Obsesi
Oleh Kak farih

Ada berita aneh yang saya lihat kemarin di sebuh TV swasta bahwa ada orang yang mencuri karena terobsesi ingin masuk penjara. Saya tidak habis pikir, koq ada orang yang terobsesi masuk penjara. Kenapa tidak diarahkan menjadi obsesi yang positif. Masih banyak hal-hal yang positif dan bermanfaat sebagai target obsesi kita. Yah, itulah manusia, dengan segala keunikannya.

Obsesi didefinisikan sebagai keinginan yang sangat kuat yang tidak bisa tergantikan, terus menerus menjadi motivasi utama. Ahli motivasi lainnya Jack Zufelt mengatakan bahwa keinginan seperti itu disebut dengan hasrat inti.

Apakah obsesi itu baik atau tidak? Jawabannya tergantung apa yang menjadi target obsesi kita. Jika yang menjadi obsesi itu tidak memiliki arti atau hanya mencari sensasi tanpa melihat apakah halal atau tidak, maka obsesi seperti itu jelas tidak baik. Sebagai contoh obsesi masuk penjara seperti di atas.

Namun sebaliknya jika target obsesi itu baik, maka memiliki obsesi bukan hanya baik, tetapi harus. Karena motivasi dari sebuah obsesi sangat kuat. Para syuhada adalah contoh dari manusia-manusia yang memiliki obsesi. Mereka memiliki obsesi untuk mendapatkan syurga, mendapatkan bidadari yang cantik, dekat dengan para nabi, dan dapat melihat wajah Allah SWT. Obsesi yang baik adalah obsesi yang sesuai dengan misi kita.

Sudahkan Anda memiliki obsesi? Gampang saja jika Anda ingin mengetahui apakah Anda memiliki obsesi atau tidak. Hal ini bisa dilihat dari seberapa jauh kadar kejujuran, konsistensi, dan daya tahan Anda dalam mengejar obsesi. Hingga hanya kematian yang bisa mengalahkannya.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Orang lain bisa, saya pun bisa
Oleh Kak farih

Apa yang membedakan Anda dengan orang lain yang sukses? Jawabannya karena Anda tidak mengerjakan apa yang orang sukses kerjakan. Peluang sukses adalah terbuka untuk semua orang, tidak peduli pendidikan, lingkungan, status, uang, dan sebagainya, semua orang bisa sukses jika melakukan hal-hal penyebab kesuksesan. Tentu saja dengan kekecualian, jika Allah tidak mengijinkan Anda untuk sukses maka Anda tidak akan sukses.

Untuk mencari penyebab kesuksesan ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Pertama Anda bisa mencontoh orang lain yang telah sukses. Contoh semua tindakannya, pemikirannya, termasuk sikap mentalnya. Orang sukses ada disekitar Anda, tindakan yang diperlukan hanyalah mencarinya kemudian bertanya. Setelah mendapatkan jawaban Anda tinggal menyesuaikan dengan tujuan yang ingin Anda capai.

Selain bertanya kepada orangnya langsung Anda juga bisa membaca bukunya. Ada beberapa macam buku ditulis, ada buku yang ditulis mengenai biografi seseorang yang telah sukses. Dari buku tersebut Anda bisa belajar banyak dari kehidupan orang sukses. Apa yang dia lakukan dan bagaimana sikap orang tersebut? Jenis buku kedua ialah buku yang ditulis berdasarkan riset atau pengamatan terhadap orang-orang yang sudah sukses. Kelebihan jenis buku kedua ialah lebih mudah memahamai karena si peneliti telah merangkumkan buat Anda. Selain itu sumber yang dia teliti sering lebih dari satu orang, sehingga faktor sukses yang dipaparkan dalam buku tersebut lebih lengkap.

Hal yang menyedihkan ialah justru minat baca di Indonesia masih sedikit. Kita perlu meningkatkan minat baca kita, keluarga kita dan orang-orang disekitar kita. Kabar baiknya di Indonesia harga buku cukup murah (meskipun ada yang mengatakan mahal, mungkin jika dibanding dengan penghasilan). Sebagai perbandingan, saya membeli buku terbitan USA, harganya sekitar US$ 20, sementara buku setebal tersebut di Indonesia harganya sekitar 30-40 ribu rupiah.

Kadang apa yang dibaca dari orang lain tidak akan cocok dengan kita. Tentu saja karena berbagai kondisi yang berbeda antara orang yang Anda pelajari dengan kondisi Anda. Atau apa yang Anda lakukan ialah benar-benar baru, belum ada orang yang melakukannya. Untuk ini, yang diperlukan adalah keberanian mencoba-coba. Thomas Alfa Edison sampai ribuan kali mencoba membuat bohlam lampu, begitu juga Henry Ford berkali-kali membuat mesin mobil, dan orang yang telah terbukti sukses merintis sesuatu yang baru, pada awalnya melakukan berbagai percobaan atau usaha. Jika orang lain bisa dengan tekun, sabar, berani mengambil resiko, dan pantang menyerah, maka Anda pun bisa.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Perbaikan adalah Oleh Anda
Oleh Kak farih

Salah satu anugrah yang dimiliki manusia ialah memiliki kebebasan memilih. Di mana ada kebebasan di sana ada harapan yang cerah jika kita mau memanfaatkan kebebasan tersebut. Adalah terserah Anda mau memilih hidup seperti saat ini terus atau mau memilih kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Mulailah memilih masa depan yang lebih baik, hari ini, saat ini dengan kemampuan yang telah Anda miliki sekarang.

Politisi yang ingkar janji, mungkin iya terjadi. Banyak koruptor mungkin memang banyak. Itu memang harus kita perbaiki, tetapi bukan alasan yang membenarkan kita untuk tidak bertindak, untuk tidak memperbaiki, atau pun untuk membuat hidup kita lebih baik. Sama sekali bukan, karena ternyata orang lain bisa sukses padahal mereka sama-sama berada di Indonesia, menghadapi situasi politik, ekonomi, dan sosial yang sama.

Kita harus mengambil tanggung jawab penuh atas pembentukan dan perumusan kehidupan kita sendiri. Kitalah yang harus mengambil sebuah komitmen untuk tetap berusaha mencapai keadaan yang lebih tinggi. Mulai detik ini dan seterusnya berjanjilah kepada diri sendiri untuk memiliki komitmen yang teguh pada diri kita sendiri bahwa kita akan membuat kehidupan kita lebih baik dalam segala bidang.

Milikilah komitmen untuk terus belajar dan mengaplikasikan hasil belajar dalam rangka memperbaiki terus-menerus. Tidak ada alasan karena sudah tua, tidak alasan sudah punya anak banyak, tidak alasan harus bekerja menafkahi anak istri, tidak alasan tidak punya waktu, tidak alasan apapun untuk terus menuntut ilmu demi perbaikan diri.

Inilah cara menjalani kehidupan yang sepenuhnya. Menuntut ilmu dan memperbaiki kehidupan secara terus menerus adalah amalan yang diajarkan oleh agama kita. Tentu saja jika kita melaksana- kannya akan membuat kita lebih baik dan sukses dunia akhirat. Insya Allah.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Pergi Ke Mana?
Oleh Kak farih

"Anak-anak, hari Minggu kita akan pergi piknik", kata seorang ayah kepada anak-anaknya.

"Asyiiiik", jawab anak-anaknya dengan penuh gembira, "kita akan pergi ke mana Yah?"

"Pokoknya pergi saja, bagaimana nanti saja." jawab Ayah sambil tersenyum.

"Emang tahu tidak jalannya?" bisik ibu kepada ayahnya.

"Ya belum donk, kan belum jelas mau ke mana." jawab Ayah.

"Iya juga, besok kita beli peta dulu biar nggak nyasar".

"Boleh, ayah setuju." kata ayah sambil mengganti saluran TV yang sedang ditontonnya.

Besoknya sepulang kerja ayah mampir ke toko buku untuk membeli peta perjalanan. Karena tidak jelas mau ke mana, akhirnya Ayah membeli semua peta yang mungkin diperlukan.

***

Bandingkan jika begini......

"Anak-anak, hari Minggu kita akan pergi piknik", kata seorang ayah kepada anak-anaknya.

"Asyiiiik", jawab anak-anaknya dengan penuh gembira, "kita akan pergi ke mana Yah?"

"Maunya ke mana?" kata ayah balik bertanya.

"Bagaimana kalau kita ke Ujung Kulon saja?" usul anak yang ke dua.

"Ayah sich setuju saja, bagaimana yang lainnya?" tanya Ayah sambil membagi pandangannya kepada semua anaknya.

Semua anaknya mengangguk tanda setuju.

"Emang tahu tidak jalannya?" bisik ibu kepada ayahnya.

"Ya belum donk, kan belum pernah ke sana." jawab Ayah.

"Iya juga, besok kita beli peta dulu biar nggak nyasar".

"Boleh, ayah setuju." kata ayah sambil mengganti saluran TV yang sedang ditontonnya.

Besoknya sepulang kerja ayah mampir ke toko buku untuk membeli peta perjalanan. Ayah cukup membeli satu peta perjalanan saja yang memberi petunjuk ke arah Ujung Kulon.

Anda bisa melihat perbedaannya?

Jika pergi piknik saja sebuah tujuan yang jelas begitu penting, apalagi dalam kehidupan.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Potensi Untuk Sukses
Oleh Kak farih

Sambil menunggu bis yang akan membawaku pulang, kuhampiri seorang penjual koran, yang lapaknya tepat berada di bawah jembatan penyeberangan. Ku perhatikan beberapa judul headline tabloid mingguan dan surat kabar ibukota. Sebagian hanyalah berisikan kritikan, gosip, menyebarkan rumor, dan bahkan beberapa berisikan kebohongan dan fitnah kepada orang-orang yang sudah dikenal sebagai politikus, negarawan, pengusaha besar, pejabat pemerintahan, anggota dewan, dan bahkan beberapa selebritis.

Tidaklah buruk bahkan menjadi sebuah keharusan bila kritikan tersebut dialamatkan kepada mereka yang meraih kesuksesan dengan cara dan jalan yang tidak tepat. Tetapi, mencari-cari kesalahan, menyebar rumor, membuat berita palsu, gosip, atau bahkan sebuah fitnah disekitar orang-orang sukses tersebut adalah sebuah hal yang berbeda. Sebuah perbuatan yang hanya akan memperberat timbangan dosa.

Maka tepatlah bila seorang penyair berkata:
"Mata keridhaan buta terhadap setiap aib. Tetapi mata kebencian menampakkan segala keburukan"

Akan sangat lebih bijak, bila berita-berita yang ditampilkan dan para peminat bacanya lebih menyukai berita-berita yang menggambarkan tentang proses dan perjalanan yang membawa mereka menuju kondisi suksesnya saat ini. Bagaimana mereka menggunakan waktu luang mereka? Berapa jam mereka menghabiskan waktunya untuk bekerja dan beristirahat? Seberapa keras mereka berlatih, belajar, atau bekerja untuk mencapai ke- suksesannya? Sehingga akan timbul sebuah kesadaran bahwa sesungguhnya setiap orang dapat meraih kesuksesan seperti mereka. Tinggal bagaimana menggunakan dan membangkitkan potensi raksasa yang ada pada diri masing-masing.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!
Power of A Decision
Oleh Kak farih

Apa yang membuat Krisna nampak tidak bahagia ketika mendapatkan tawaran posisi barunya ? Kenapa Ratih menjadi gelisah ketika akan dilamar oleh seorang pemuda kaya ? Mengapa pula Andi menjadi lebih pendiam ketika harus memilih 2 tawaran kerja yang diperolehnya?

KEPUTUSAN, yah kata itulah yang membuat seseorang seakan-akan berada di sebuah persimpangan jalan. Harus memilih satu dari sekian banyak alternatif. Keputusan adalah sebuah langkah awal sebelum adanya TINDAKAN.

Sebuah keputusan akan menyangkut pengalaman sejarah pada masa lalu dan sebuah mistisme di masa depan. Pengalaman akan bahagia, sedih, sukses, gagal, sakit, senang, derita, akan sangat mempengaruhi keputusan yang akan diambil oleh seseorang. Hal inilah yang coba dilihat dan direfleksikan oleh seseorang ke dalam masa depannya terhadap sebuah keputusan, melalui pengelolaan berbagai informasi yang dihimpunnya. Disinilah letak sebuah informasi akan sangat mempengaruhi keputusan seseorang.

Keputusan memiliki batas waktu. Tidak mengambil keputusan berarti memberikan wewenang dan menjadikan waktu yang berjalan, kekuasaan yang sedang dominan, alam dengan hukum- hukum kausalitasnya, dan individu-individu di sekitar dirinya yang memiliki berbagai potensi (kebaikan dan keburukan) sebagai wakil bagi dirinya untuk melakukan proses pengambilan keputusan tersebut.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Pribadi Muslim yang Berkualitas
Oleh Kak farih

Definisi
Bicara tentang pribadi yang berkualitas tentu, kita harus mengetahui apa arti kualitas terlebih dahulu. Secara istilah kualitas adalah karakterisik yang menggambarkan tingkat atau derajat suatu barang atau jasa. Disini, adalah Andalah produknya. Definisi lain mengatakan bahwa kualitas adalah apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Definisi kedua melengkapi definisi yang pertama. Sebagai contoh, sepeda motor yang berkualitas adalah sepeda motor yang irit bahan bakar, tidak mudah rusak, kuat, dan memiliki kecepatan tinggi. Mengapa disebut berkualitas? Karena karakteristik-karakteristik motor tersebut adalah apa yang diinginkan oleh pelanggan.
Siapa Pelanggan Anda?
Untuk membuat diri Anda menjadi pribadi yang berkualitas, Anda perlu mengetahui siapa pelanggan diri Anda. Jika suatu barang atau jasa, pelanggan adalah orang-orang yang membeli atau membayar barang atau jasa tersebut. Begitu juga dengan pelanggan diri Anda, yaitu mereka yang membayar Anda.

Tentu Anda akan berpikir bahwa pelanggan diri Anda adalah perusahan dimana Anda bekerja jika Anda seorang karyawan, karena mereka yang membayar Anda. Jika Anda seorang profesional maka pelanggan Anda adalah mereka yang menggunakan jasa Anda. Jika Anda seorang pebisnis maka pelanggan Anda adalah mereka yang membeli produk atas jasa Anda. Apa yang Anda pikir itu benar sekali, tetapi belum lengkap.

Agar Anda menjadi pribadi yang berkualitas tinggi, tentu Anda tidak cukup memperhatikan orang-orang yang membayar Anda dengan uang saja. Anda juga harus memperhatikan orang-orang lainnya yang juga membayar Anda meskipun bukan dalam bentuk uang. Bayaran yang Anda terima bisa dalam bentuk kasih sayang, pengakuan, penghargaan, dan sebagainya.

Meningkatkan Kualitas Pribadi
Anda mungkin sudah mengenal apa yang disebut dengan pengembangan diri. Memang betul, peningkatan kualitas pribadi adalah pengembangan diri itu sendiri. Namun konsep yang akan dibahas disini insya Allah akan lebih baik dari konsep pengembangan diri yang sudah ada. Saya tidak mengatakan bahwa konsep-konsep lainnya jelek, tetapi konsep yang akan saya jelaskan kepada Anda melengkapi konsep yang sudah ada.

Konsep yang lengkap, tidak hanya meninjau sisi mental saja tetapi juga dengan suatu manajemen pribadi yang lengkap yang dibuat untuk menghindari penurunan kualitas bahkan peningkatan kualitas pribadi yang berkesinambungan. Dengan kata lain, konsep meningkatkan kualitas pribadi disini ialah konsep yang menggabungkan pengembangan mental dan manajemen pribadi.

Siapkah diri Anda menjadi pribadi yang lebih baik? Tunggu pada edisi yang akan mendatang.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Tindakan : Rangkaian Utama Meraih Sukses
Oleh Kak farih

Bermimpilah yang tinggi, tetapi bukan sekedar mimpi. Tidak akan berguna mimpi yang indah atau mimpi yang luhur jika tanpa tindakan untuk memulai meraih mimpi tersebut. Mimpi memang sangat perlu untuk memlihara gairah hidup dan kemajuan, tetapi mimpi tanpa disertai tindakan hanyalah seperti pepesan kosong belaka.

Belajarlah tiada henti. Belajar adalah salah satu modal sukses bagi setiap orang. Sering orang mengatakan tidak bisa tanpa pernah belajar. Jika saat ini masih banyak yang belum Anda kuasai, sudahkah Anda belajar? Namun belajar tidak akan ada gunanya, meskipun seberapa lama Anda belajar, seberapa tinggi ilmu Anda, dan seberapa komplek ilmu Anda, tanpa disertai aplikasi dari ilmu tersebut.

Jangan hanya asik dengan belajar, mencari strategi yang jitu agar Anda bisa sukses cepat. Karena suatu strategi bisa diketahui jitu jika kita telah mengaplikasikan strategi tersebut, bahkan keadaan lapangan bisa berbeda dengan teori. Teori memang perlu, belajar memang perlu, tetapi mengaplikasikan teori yang telah kita pelajari itu lebih perlu.

Aplikasi atau tindakanlah yang membuat orang sukses, tentu saja setelah mimpi yang tinggi dan ilmu yang mencukupi. Tindakanlah yang membedakan antara orang yang sukses dengan pemimpi disiang bolong. Tindakanlah yang akan memberi makna terhadap ilmu yang Anda miliki.

Tindakan bukan sembarang tindakan, tindakan yang diperlukan untuk sukses adalah tindakan yang kontinyu penuh komitment. Tindakan yang cerdas bukan hanya keras, tindakan yang dilandasi dengan strategi jitu yang sudah kita susun, dan tindakan dengan determinasi yang tinggi tanpa kenal henti seperti yang telah dilakukan oleh para mujahid kita dalam berjihad membela agama kita.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Self Underestimate
Oleh Kak farih

Pernahkah Anda mendengar kata "underestimate"? Underestimate bukan hanya tidak boleh diterapkan terhadap orang lain, tetapi tidak boleh juga diterapkan terhadap diri sendiri. Underestimate sungguh merugikan baik diterapkan terhadap orang lain maupun kepada diri sendiri.

Mungkin Anda pernah mendengar atau Anda sendiri yang mengatakan kalimat-kalimat seperti ini:

"Ah, kemampuan saya cuma segini"
"Saya memang bodoh di bidang matematika"
"Saya memang bukan siapa-siapa"
"Saya tidak sanggup"

Dan masih banyak lagi ungkapan-ungkapan sejenis lainnya.

Sebenarnya orang yang melakukan hal tersebut telah memberikan citra pada dirinya sendiri. Kabar buruknya ialah kadang kita terlalu underestimate terhadap diri kita sendiri. Jika kita underestimate terhadap diri sendiri akibatnya kita akan memperlakukan diri kita sesuai dengan sangkaan kita terhadap diri kita sendiri, dan itu akan merugikan kita.

Mungkin ada yang memprotes pendapat saya ini, bahwa apa yang dia citrakan pada dirinya sendiri sudah terbukti. Dia mungkin bisa menyodorkan setumpuk bukti tentang pendapatnya sendiri. Mungkin dia benar, mungkin. Mungkin pencitraan diri sebagian orang adalah benar. Dia mungkin sudah tahu betul siapa dirinya.

Saya tidak membicarakan orang-orang seperti itu, yang benar- benar tahu kadar dirinya. Namun tidak ada salahnya jika Anda menguji lagi asumsi Anda terhadap diri Anda sendiri. Karena sering kali asumsi-asumsi kita itu salah. Sekali kita underestimate terhadap diri sendiri, kita akan rugi, karena potensi kita akan terkungkung oleh batas yang terlalu sempit dibandingkan dengan batas yang sebenarnya.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Semua Ada Maksudnya
Oleh Kak farih

Kura-kura yang biasa hidup di laut, pada musim bertelur ramai-ramai menuju pantai. Setiba di pantai mereka menggali lubang dengan kedalaman yang cukup untuk melindungi telurnya. Kemudian mereka bertelur di lubang tersebut dan kemudian menimbunnya kembali. Setelah kura-kura bertelur dan menimbun telur mereka dengan rapi mereka kembali berenang ke laut. Mereka meninggalkan calon anaknya dan tidak pernah dijenguk lagi.

Setelah telur menetas, bayi kura-kura tidak ditunggui oleh ibunya. Dia tidak tahu ibunya, tidak ada yang mengasuh dan tidak ada yang memberi makan. Merekapun tidak ada yang mengajari bagaimana cara mencari makan. Namun kejaiban terjadi, meskipun tidak ada yang mengajarinya mereka tahu apa yang harus mereka lakukan, yaitu berenang ke laut.

Ibunya tidak meninggalkan pesan di samping telurnya. Ibunya tidak menelephone dari laut memanggil anaknya. Tidak ada juga pengumuman di pantai yang menyuruh bayi kura-kura tersebut untuk berenang ke laut. Tetapi mengapa mereka tahu dan melakukannya? Itulah kebesaran Allah yang telah menanamkan insting pada bayi kura-kura sehingga mereka tahu apa yang harus mereka lakukan.

Fenomena alam tersebut memberikan pelajaran bagi kita, bahwa apa yang terjadi di dunia ini bukan kebetulan semata. Semua telah diatur, semua ada maksudnya.

"Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu dengan kadar (ukuran)."
(QS Al Qamar:49)

"Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan ini dengan sia- sia. Mahasuci Engkau. "
(QS Ali Imran:191)

Lalu, untuk apa diciptakannya manusia? Hanya Allah yang tahu, selain yang difirmankan Allah SWT dalam al Quran,

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku."
(QS.Adz-Dzaariyaat:56)

Juga pada saat penciptaan Nabi Adam as, Allah berfirman:

"Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi"
(QS.Al-Baqarah:30)

Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Spirit Of The Dream
Oleh Kak Farih

Waktu telah menunjukan pukul 11:30 malam ketika mobil yang kukendarai terhalang lampu merah di sebuah perempatan jalan. Seketika beberapa pedagang asongan dan pengamen bergerak ke arah kendaraan-kendaraan yang sedang berhenti tersebut.

Ku lihat seorang pengamen kecil sedang menawarkan suaranya pada sebuah mobil mewah. Ditolak. Sambil sedikit mengganggukan kepala ia berjalan ke mobil yang dibelakangnya. Ditolak lagi. Terlihat ia memendam sedikit kekecewaan dan kesedihan. Hingga akhirnya ia berada disamping mobilku. Suaranya yang serak dan lantang seakan tak menghiraukan udara malam yang cukup dingin setelah hujan sepanjang sore.

Penolakan yang ia terima beberapa kali cukup membuatku untuk menarik 1 lembar limaratus dari kantong jaketku. Uang sisa ongkos jalan tol. Ku buka kaca jendela mobil sambil memberikan uang tersebut.

"Masih ngamen sudah malam begini?" sapaku.
"Iya Om, buat biaya sekolah" jawabnya kalem.
"Memangnya mau sekolah sampai mana.... SMP atau STM?" tanyaku iseng.
"Mudah-mudahan sampai tinggi Om, kayak mahasiswa-mahasiswa di gedung itu." sambil menunjuk sebuah kampus megah di seberang jalan.

Jawaban anak itu sungguh serasa sebagai sebuah pelajaran berharga bagiku. Seorang anak kecil yang mengandalkan hasil mengamen untuk biaya sekolah dasarnya masih menyimpan sebuah cita-cita yang besar untuk dapat kuliah diperguruan tinggi.

Keinginan untuk hidup lebih baik, lebih nyaman, lebih tenang, lebih sukses, dan keinginan-keinginan lainnya adalah sebuah bentuk cita-cita, harapan, dan mimpi yang mampu menahan panasnya siang yang terik serta dinginnya malam menggigil. Mampu meredam pahitnya penolakan dengan sebuah senyum walaupun getir.

Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Sudahkah Anda Memiliki Tujuan?
Oleh Kak farih

Banyak para ahli yang mengatakan bahwa orang dewasa yang memiliki tujuan jelas dan secara tertulis hanya sekitar 3%. Angka ini didapat dari penelitian di Amerika Serikat, entah dengan di Indonesia. Bagaimana menurut Anda?

Padahal tujuan ibarat bintang yang menjadi panduan bagi orang yang berlayar dimalam hari. Tanpa bintang dia bisa kehilangan arah dan bingung harus ke mana dia pergi. Begitu juga dengan keuangan, dengan tujuan yang jelas dan tertulis akan memberikan arah kepada Anda, apa saja yang harus dilakukan.

Bicara tentang tujuan, ada baiknya jika saya kutipkan ceramah AA Gym tentang bisnis dengan hati :

“Andai kata tujuan sudah ditetapkan, sepelan apapun kita bergerak insya Allah merupakan kemajuan, tetapi bagi orang yang tujuannya tidak tetap, segigih apapun bergerak bisa jadi menuju kehancuran”.

Tujuan adalah acuan dalam membuat rencana. Sementara rencana adalah panduan dari tindakan Anda. Tanpa tujuan Anda tidak punya rencana, tanpa rencana tindakan Anda tidak akan terarah. Tujuan akan sangat membantu dalam keefektifan Anda bertindak, bahkan tujuan bisa memberikan gairah hidup yang lebih besar.

Tujuan sangat vital bagi kesuksesan Anda, selain sebagai sumber motivasi, dengan tujuan bisa melihat sudah sampai dimana kemajuan kita. Tujuan dapat memfokuskan tindakan kita dengan kata lain dapat meningkatkan konsentrasi. Tindakan yang terfokus atau konsentrasi akan menghasilkan hasil yang lebih baik dan lebih cepat.

Tujuan membuat hidup lebih mudah, karena tindakan-tindakan yang akan kita lakukan lebih tersusun dan terorganisasi. Hidup kita lebih jelas, rapi, teratur, dan yang lebih penting ialah hidup kita menjadi lebih terkendali.

Ketidakpastian tujuan adalah titik awal dari semua kegagalan. Untuk menjadi sukses, Anda harus memutuskan dengan tepat apa yang Anda inginkan, tuliskan dan kemudian buatlah sebuah rencana untuk mencapainya.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Sukses Dimulai dari Pikiran
Oleh Kak farih

Muhammad Ali mengatakan bahwa sang juara dihasilkan dari keinginan, impian, dan visi. Sementara, Dennis Waitley, mengatakan bahwa pemenang selalu mengatakan 'saya akan' dan 'saya bisa'. Ini adalah pekerjaan pikiran. Memang tidak nyata tetapi akan memabwa dampak yang luar biasa bagi kehidupan Anda jika pikiran Anda sudah tekondisikan seperti yang dijelaskan di atas.

Keinginan datang dari pikiran. Sementara semua orang memiliki pikiran, jadi semua orang bisa memiliki keinginan. Bahkan, memang semua orang punya keinginan, siapa yang tidak? Lalu mengapa tidak semua orang menjadi orang sukses. Tentu saja keinginan yang membawa kepada kesuksesan berbeda dengan keinginan biasa. Keinginan yang membawa kepada sukses adalah keingianan yang sangat jelasa dan keinginan yang memberikan dorongan yang besar untuk mencapainya. Bukan sekedar keinginan yang bila tercapai tidak membawa dampak, begitu juga jika tidak. Bukan juga keinginan yang samar, seperti saya ingin bahagia dan saya ingin kaya.

Apa bedanya keinginan dan impian? Impian adalah bagian dari keinginan. Impian memiliki makna lebih khusus, impian digunakan untuk keinginan yang besar, keinginan yang menurut kebanyak orang sulit atau tidak mungkin dicapai. Sudahkah Anda punya impian? Sementara visi adalah gambaran dari impian tersebut dimana impian tersebut seakan-akan sudah Anda capai. Visi adalah gambaran Anda masa depan, saat semua keinginan Anda tercapai.

Al Quran, dengan indah membangun visi manusia. Visi saat berada di surga. Gambaran indah surga seakan-akan sudah terjadi pada diri kita. Gambar surga yang indah begitu sering diulang-ulang dalam Al Quran dan juga kita dianjuarkan untuk membaca Al Quran sesering mungkin. Hikmah yang bisa kita ambil adalah agar visi kita diakhirat tersebut melekat dalam kepala kita sehingga memiliki dorongan kuat untuk mencapainya.

Berikut adalah salah satu contoh bagaimana gambaran surga diberitahukan kepada manusia.

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.
(QS Al Baqarah[2]:25)

Masih banyak lagi gambaran indah tentang surga baik dalam ayat Al Quran maupun hadits.

Pikiran positif, yang salah satunya memiliki visi hidup yang jelas baik dunia maupun akhirat insya Allah akan membawa kita kepada keberhasilan. Pikiran positif lainnya ialah selalu berkata 'saya bisa' dan 'saya akan'. Meskipun secara islami akan lebih baik jika di tambah dengan kata insya Allah. Kata-kata 'saya akan' dan 'saya bisa' adalah refleksi dari pikiran positif yang tidak menyerah pada keadaan, apapun keadaan yang dilaluinya.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Sukses
Oleh Kak farih

Sukses sering datang kepada mereka yang berani bertindak. - Jawaharlal Nehru

Adalah tidak ada rahasia untuk sukses. Yang ada adalah hasil dari persiapan, kerja keras, dan belajar dari kegagalan. - Colin Powell

Perbedaan antara orang yang sukses dengan yang tidak adalah bukan karena kurang kekutana, bukan kurang pengetahuan, tetapi lebih pada kurang kemauan. - Vince Lombardi

Juara tidak dihasilkan dari kejuaraan. Juara adalah dihasilkan dari sesuatu yang mereka miliki di dalam diri mereka - keinginan, impian, dan visi. - Muhammad Ali

Agar sukses, Anda harus memutuskan apa yang sebenarnya Anda inginkan untuk dicapai, kemudian tentukan untuk membayar harga untuk mendapatkannya. - Bungker Hunt

Orang sukses selalu mencari peluang untuk membantu orang lain. Orang yang tidak sukses selalu bertanya, "Apa untuk saya?" - Brian Tracy

Sukses dicapai oleh seseorang yang mencoba dan tetap mencoba dengan sikap mental positif. - W. Clement Stone

Pemenang dalam hidup berpikir secara konstan dalam pola saya bisa dan saya akan. Pecundang, di sisi lain, pikirannya berkonsentrasi pada apa yang harus, yang sudah terjadi, atau apa yang mereka tidak bisa kerjakan. - Dennis Waitley

Sukses dalam hidup adalah bukan mengerjakan dengan apa yang Anda dapat atau capai untuk Anda sendiri. Adalah apa yang Anda lakukan untuk orang lain. - Danny Thomas

Setiap orang sukses yang saya temui mengatakan, "Hidup saya berubah saat saya mulai percaya diri." - Robert Schuller

Saya tidak mengukur seorang yang sukses dengan seberapa tinggi yang dia daki tetapi seberapa tinggi dia memantul saat dia jatuh. - George Patton
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

TUJUAN
Oleh Kak farih

Sebuah tayangan pada Discovery menggambarkan seekor macan yang sedang berlari sangat kencang mengejar seekor rusa yang berada jauh di depannya. Terlihat sekali begitu gigihnya sang macan tersebut mengejar buruannya. Seakan seluruh kemampuan dan tenaganya difokuskan dalam mengejar rusa tersebut. Karena ini adalah hasil sebuah rekaman peristiwa oleh para kru Discovery, coba bayangkan bila tayangan tersebut diputar ulang. Tetapi, dengan menggunakan "metoda pengolahan citra" yang modern, gambar rusa dalam rekaman tersebut dihilangkan. Dan bila hasil rekayasa tersebut ditayangkan kembali kepada pemirsa yang baru pertama kali melihat tayangan tersebut, tentu akan menjadi sebuah gambaran yang sangat lucu. Seekor macan yang berlari sangat kencang dengan seluruh kemampuan dan tenaganya pada sebuah padang yang luas, tanpa ada seekor buruanpun yang dikejarnya.

Bagi orang-orang yang melihat hasil rekayasa rekaman tersebut, tentu tidak akan melihat seekor rusa yang menjadi TUJUAN sebenarnya dari pengejaran macan tersebut. Bagi macan, rusa tersebut sudah sangat jelas gambarannya. Obyek yang menjadi target perburuannya, walaupun tidak terlihat oleh pemirsa hasil rekayasa rekaman.

Orang-orang sukses yang telah berhasil meraih prestasi puncaknya adalah mereka yang memiliki kemampuan diatas rata-rata untuk menjalankan secara sadar suatu tugas dalam pikiran mereka, dengan menggunakan khayalan atau visualisasi atas TUJUAN mereka. Walaupun mungkin TUJUAN tersebut tidak dapat dilihat oleh orang-orang disekitar mereka.

"Seseorang dengan TUJUAN yang jelas pasti berhasil membuat kemajuan bahkan di jalan yang terberat sekalipun. Sebaliknya, seseorang tanpa tujuan yang jelas tidak akan bisa membuat kemajuan bahkan di jalan yang termudah." (THOMAS CARLYLE)

Visi Seorang Muslim
Oleh Kak farih
Definisi
Visi merupakan pengejewantahan yang terbaik dari imajinasi kreatif dan merupakan motivasi utama dari tindakan utama. Visi adalah kemampuan untuk melihat realitas yang kita alami saat ini, untuk menciptakan dan menemukan apa yang belum ada, serta menjadikan diri kita sebagai seseorang yang saat ini belum terwujud. [KH Toto Tasmara, Kecerdasan Ruhiah, GIP]
Pentingnya
Mengapa harus punya visi? Sebenarnya semua orang punya visi masing-masing. Tetapi manakah yang terbaik menurut Anda, Anda berjalan asal jalan tak tentu arah? Atau Anda berjalan tegap mencapai suatu arah yang jelas?

Banyak manusia yang hanya melihat saat ini tanpa melihat apa yang terjadi dihari esok, jangan untuk sodara-sodaranya yang lain bahkan untuk dirinya sendiri mereka tidak memikirkannya. Merka terombang-ambing bagaikan perahu ditengah samudera tanpa arah dan tujuan yang jelas. Hanya kebetulan dan keberuntungan yang akan membawa dia kesuatu tempat. Apa layak disebut berhasil?

Dengan memiliki visi kita akan menggunakan akal pikiran kita untuk mengejar sesuatu yang baik. Menuju arah yang benar, tidak asal jalan, mau ketimur kek, mau kebarat kek, yang penting jalan. Mending jika kita kebetulan menuju arah yang benar, bagaimana jika kita menuju arah yang salah? Oleh karena itu kita harus tahu siapa diri kita (seperti dibahas pada edisi yang lalu) dan apa fungsi dan tugas kita berada di dunia ini. Dari sana kita dapat menentukan arah berjalan kita dengan alasan-alasan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Jangan takut dengan gagalnya meraih visi, kegagalan meraih visi sebenarnya bukan suatu kegagalan, tetapi merupakan keberhasilan yang Anda tempuh meski tidak sepenuhnya. Yang jelas Allah akan melihat sejauh mana niat Anda dan usaha Anda dalam mencapai visi Anda tersebut.

"Sesungguhnya diterimanya amal perbuatan itu tergantung niat,…" (HR Bukhari & Muslim)

Dalam suatu hadits qudsi Allah merfirman:
"… Dan apabila seorang hambaKu merencanakan melakukan suatu kebajikan, lalu tidak dilaksanakannnya, maka tuliskanlah baginya satu kebajikan. Tetapi jika dilaksanakannya, tuliskanlah baginya sepuluh ganda hingga tujuh ratus ganda." (HR Ibnu Hibban dan Abud Darda r.a.)
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Visi seorang Muslim
Sebagai seorang muslim, kita tidak hanya melihat visi dalam jangka pendek di dunia saja, kita juga jelas harus memikirkan visi yang sebenarnya, dimana visi kita yang melintasi alam dunia ini, yaitu bertemu dengan Allah. Itulah visi jangka panjang seorang muslim yang sebenarnya. Visi kita di dunia yang diberikan Allah kepada kita merupakan jembatan untuk mencapai visi kita yang paling utama yaitu bertemu dengan Allah.

Visi seorang muslim di dunia bukan hanya melihat dirinya sendiri, tetapi melihat sodaranya, karena dia ditugaskan untuk mencintai sodaranya, bahkan dia juga melihat seluruh manusia serta alam di bumi ini karena dia sebagai seorang khalifah di muka bumi dan sebagai rahmatan lil 'alamin.

Tidak sepantasnya seorang muslim mempunyai visi yang sempit yang hanya memikirkan dirinya sendiri, visi seorang muslim harus luas tidak hanya mencakup dirinya sendiri tetapi mencakup sodara dan lingkunannya serta seluruh bumi ini.

Apa kita sanggup? Allah Mahatahu, Allah tidak akan memberikan tugas kepada kita jika kita tidak bisa memikulnya. Allah Mahaperkasa dan berkuasa yang akan mudah menolong kita, tidak ada yang bisa mengahalangi apa yang dikehendaki-Nya.

Ibadah harian kita harus sejalan dengan misi kita sebagai khalifah dan rahmatan lil'alamin, bukan hanya untuk kesenangan dan keselamatan diri pribadi saja.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!

Visi Seorang Muslim
Oleh Kak farih

Merumuskan Visi dan Misi adalah salah satu bentuk dalam mengambil keputusan, bahkan pengambilan keputusan yang cukup fundamental. Visi dan Misi Anda akan menjiwai segala gerak dan tindakan di masa datang. Oleh karena itu dalam merumuskan visi harus benar-benar memperhatikan berbagai hal. Salah satu yang paling penting dalam merumuskan visi ialah mengetahui siapa diri Anda sebenarnya?

Pengetahuan tentang diri akan kita ketahui sejauh mana potensi diri kita dan sejauh mana keterbatasan diri kita. Dengan mengetahui diri kita kita akan tahu tugas utama kita, tujuan hidup kita sebenarnya sehingga visi yang kita rumuskan tidak menyimpang pada tugas dan tujuan hidup kita.
Siapa sebenarnya diri kita?
"Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina (air mani)." Q 32:7-8


"Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk." Q 15:28

"Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam (tubuh) nya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur."Q 32:9

Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan) Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud. Q 15:29

Selain itu manusia diberi potensi yaitu hati, akal, dan jasad. Inilah kelebihan manusia dibandung makhluq lainnya. Ketiga potensi ini dimiliki oleh semua manusia, hanya tidak semua manusia mampu mengoptimalkan ketiga potensi tersebut. Orang yang beriman semestinya mampu mengoptimalkan potensi itu karena merupakan perintah dan kewajiban bagi muslim.

Potensi akal dapat dikembangkan kepada ilmu pengetahuan dan teknologi sedangkan potensi hati dapat menjadikan hati lebih tenang dan tentram. Potensi jasad dapat dikembangkan kepada keperluan manusia seperti aspek kesehatan dan kesejahteraan. Kelebihan dan kemuliaan manusia ini disediakan untuk menjalankan amanah beribadah dan menjalankan fungsi khalifah di muka bumi. Peranan dan tugas yang dilakukan ini akan mendapatkan balasan yang sesuai.

Dengan memiliki hati maka manusia dapat membentuk kemauan/keputusan bersumber dari keyakinan (Q. 75:14, 17:36). Dengan hati manusia menjadi punya kehendak (Q. 18:29) dan dengan hati manusia bisa bebas memilih (Q.90:10). Dengan akal manusia mampu membentuk pengetahuan dan dengan jasad manusia dapat beramal (Q. 17:36, 67:10, 9:105).

Potensi yang diberikan kepada manusia akan berjalan dan tersalurkan dengan baik apabila mengikuti perintah Allah dan rasul-Nya. Segala potensi pada manusia diperuntukaan dan disediakan oleh Allah agar manusia dapat menjalankan ibadah dan melaksanakan fungsi khalifah.

Menjalankan ibadah adalah amanah dari Allah yang dapat membuat kita mendapatkan kedudukan mulia di sisi-Nya. Dengan ibadah kita menjadi kuat dan dapat menegakan keadilan dan kedamaian di dunia. Dengan ibadah pula kita akan mendapatkan kedudukan khalifah yang Allah sediakan kepada umat-Nya yang beribadah dan berdakwah.

Dengan potensi yang disebutkan di atas, manusia dikehendaki mampu menjalankan misi khalifah yang telah dimanahkan oleh Allah walaupun makhluk lain enggan menerima ibadah tersebut. Begitu pula dengan potensi yang dioptimalkannya maka manusia mampu menjalankan ibadahnya dengan baik. Mukmin yang baik ialah mukmin yang mampu menjalankan amanah yang diberikannya.

Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat lalim dan amat bodoh, Q 33:72
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.Q 51:56

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". Q 2:31
Tentukan visi Anda
Pejamkan mata Anda, resapi tugas serta potensi Anda, kemudian bayangkan gambaran diri Anda dimasa depan yang sesuai dengan potensi Anda tersebut dan tujuan hidup Anda sebenarnya. Jika Anda sudah punya gambaran tersebut, itulah visi Anda.
Selamat belajar dan semoga sukses!
Salam bahagia dan luar biasa.........................!!!!!! kakfarih yessssssss!!!




















PROFIL KU

Nama     : Mufarrihul Hazin
TTL    : Palembang, 09-Agustus-1991
Alamat     : Pesma Al-Hikam, Jl. Cengger ayam 25 Malang
HP    : 085731464678-087859777758
Website    : www.kakfari.co.cc   
Pendidikan    : - MI Raudhatut Thalibin Lampung Timur
-     MTs Ma’arif Raudhatul Ulum LampungTimur
-     MA Ma’arif 06 Lampung Timur
-     STAI “Ma’had Aly Al-Hikam” Malang
Organisasi    : - Ketua OSIS MTs 2003-2005 (dua periode)
-     Sekretaris Umum PAC IPNU Pasir Sakti 2009
-     Wakil Ketua OSIS MA
-     Koord Gerakan Peduli Anak Yatim Al-Hikam
-     Bid. Pengembangan SDM Organisasi Al-Hikam
-     Wakil ketua Ta’mir Masjid Al-Hikam
-     Ketua DKR Lowok Waru Malang
-     Biro Administrasi DKC CBP Kab. Malang
-     Bid. Pendidikan dan pengembangan kader IPNU

Profesi    :Motivator MOSTER/MOtivasi Spiritual cenTER
    Trainer Out Bound

Motto    : Lebih Baik Jadi Orang Penting, Tapi Lebih Penting Jadi Orang Baik.



 

0 komentar:

Poskan Komentar